Atap Datar Untuk Rumah Berkesan Mewah Dan Elegan

merancang sebuah rumah hunian, tentunya kita menginginkan sebuah hasil yang maksimal dimana tidak hanya memiliki sisi fungsional melainkan juga adanya sebuah seni arsitektur yang memanjakan mata. Terlebih pada masa sekarang ini, dimana rumah hunian seakan merefleksikan akan kepribadian pemiliknya, sehingga banyak orang ingin menjadikan rumah mereka tampak modern, atau setidaknya berbeda dengan rumah-rumah konvensional yang selama ini umum terlihat. Lalu bagaimana cara mewujudkan sebuah bangunan rumah yang nampak modern? Apakah dengan memakai material mewah, dengan bentuk bangunan megah, dan sebagainya? Tentu akan terlalu berlebihan jika seperti itu. Ada cara lain yang bisa dilakukan untuk membuat rumah sederhana anda menjadi nampak berbeda dengan rumah konvensional yang ada pada umumnya. Cara tersebut salah satunya dengan mengaplikasikan ide desain atap datar pada rumah hunian anda.

pada beberapa waktu kebelakang, desain rumah konvensional pada umumnya menggunakan atap berbentuk pelana atau segitiga dengan kemiringan yang landai. Maka untuk mendapatkan tampilan berbeda yang terkesan modern dan masa kini, anda bisa mencoba hal yang berbeda, yaitu dengan menggunakan atap datar untuk bagian atas rumah hunian anda.

seperti apa sih atap datar itu? Apakah justru tidak berpotensi menghambat aliran air saat terjadi hujan? Dan bagaimana penerapan atap datar pada rumah untuk menghasilkan kesan rumah yang modern, mewah, dan juga elegan? Untuk menjawab keingintahuan anda mengenai hal tersebut, maka langsung saja kita mulai ulasannya melalui pembahasan berikut ini.

Apa Itu Atap datar

datar merupakan salah satu jenis bentuk atap pada bangunan dimana memiliki bentuk yang datar dengan kemiringan kurang dari 10 derajat. Atap jenis ini biasanya terbuat dari beton. Namun karena pembuatannya yang cenderung praktis, atap jenis ini sering digunakan juga untuk atap dengan bahan polycarbonate.

dilihat sekilas, maka atap datar terlihat benar-benar datar tanpa memiliki saluran untuk pembuangan air hujan. Akan tetapi saluran pembuangan air hujan memang akan tetap harus dibuat agar atap datar anda terhindar dari kerusakan akibat genangan air hujan. Bangunan beratap datar awalnya didirikan sebagai fasilitas industri dan komersial. Lalu pada perkembangan seni desain eksterior, atap datar kini banyak digunakan pada rumah hunian karena memang mampu memberikan kesan minimalis yang modern dan juga elegan.

bentuk atap yang datar, maka akan terbentuk area ruang kosong terbuka di atas atap yang nantinya bisa anda gunakan menjadi teras atap untuk bersantai, atau juga area untuk bercocok tanam (rooftop garden). Konstruksi atap datar lebih mudah dibuat dibandingkan jenis atap lainnya seperti pelana, gambrel, ataupun perisai. Selain itu material yang diperlukan juga lebih sedikit sehingga bisa menghemat pengeluaran anda dalam biaya pembangunan.

datar memang akan memberikan sebuah tampilan dengan kesan yang berbeda dengan rumah konvensional, sehingga menjadikan rumah hunian anda menjadi nampak mewah dan juga elegan. Namun yang menjadi salah satu kelemahannya yang paling kentara, anda harus menyiapkan dana pemeliharaan dan juga perawatan yang cukup untuk atap datar jika lokasi anda berada pada daerah yang memiliki curah hujan cukup tinggi. Hal ini tentunya disebabkan adanya derajat kemiringan yang sangat rendah pada atap datar, sehingga potensi kebocoran menjadi cukup tinggi jika dibandingkan dengan atap pelana. Namun anda tentunya tidak perlu khawatir berlebihan. Karena dengan pemilihan material yang pas dan juga berkualitas, kemudian pengaplikasian yang dilakukan oleh para profesional yang memang sudah ahli di bidangnya, tentunya akan mampu menekan potensi kebocoran yang ada hingga seminim mungkin.

3 Kategori Atap Datar

ada tiga kategori atap datar yang selama ini umum ditemui. Apa sajakah itu? Yuk kita simak bersama:

Atap Datar Built-Up

atap datar built up ini tergolong tipe atap paling tradisional, dimana tersusun atas tiga atau lebih layer dari material yang tahan air (waterproof), kemudian ditambahkan dengan tar panas dan disusun dengan cara menyilang ataupun selang seling. Pada masa sekarang ini, atap datar model built-up ini biasanya akan ditambahkan dengan batu kali dan dibuat dari material fiberglass daripada tar paper. Atap built up ini juga kadang ditambahkan batu kerikil yang akan memproteksi atap dari radiasi UV sinar matahari dan berguna sebagai fire retardant yang efektif.

Atap Datar Single-Ply

datar single-ply ini jauh lebih tipis dan lebih ringan jika dibandingkan atap built-up. Atap ini tersusun atas membran yang tahan cuaca (weatherproofing) yang terpasang dan melekat pada struktur baik menggunakan lem atau fasteners dan barbed plates. Atap ini paling sering difungsikan untuk penggunaan di bangunan residensial atau bangunan komersial.
Atap datar tipe single-ply ini juga telah tersedia dengan material yang mudah dipasang dan dilepas (easy-to-use, peel-and-stick), sehingga memudahkan pemilik rumah jika ingin memasang atap datar sendiri. Beberapa jenis atap datar single-ply termasuk rubber roofing, TPO (thermoplastic polyolefin) dan PVC (poly-vinyl chloride).

Atap Datar Spray-On/Paint-On

datar tipe ini akan membutuhkan proses instalasi pada dua bagian. Pertama, spray insulation diaplikasikan secara langsung pada atap, kemudian ditutupi dengan urethane atau coating akrilik. Kemudian, campuran pasir dan kerikil diratakan pada atap paska proses spray installation pada kedua bagiannya selesai. Atap datar tipe Spray-on dan paint-on memungkinkan isolasi tanpa kelim (seamless) dan menawarkan lapisan tahan air yang akan melapisi seluruh permukaan atap.

Kreasi Rumah Dengan Atap Datar

pada pembahasan yang telah disampaikan diatas, penggunaan atap datar ini akan membuat rumah hunian anda terkesan simpel, namun memiliki nuansa yang modern dan juga elegan. Kesan mewah juga akan anda dapatkan dengan pengaplikasian atap datar ini pada rumah hunian anda, jika ditambah dengan desain bangunan dan juga pewarnaan yang artistik.

pada contoh gambar diatas misalnya. Kesan pertama yang akan didapat tentunya sebuah rumah hunian yang modern, dimana jauh dari kesan konvensional yang biasanya dijumpai. Rumah ini didesain dengan tema minimalis dan sederhana. Dengan atap datar, desain bangunan ini praktis hanya terdiri dari berbagai pengulangan bentuk kotak dengan ukuran yang berbeda-beda. Namun hasilnya, tentu tidak bisa dibilang sebagai rumah yang biasa-biasa saja.

kemudian dengan adanya jendela dengan ukuran yang cukup lebar dan juga tinggi, menambah kesan artistik yang ada pada bangunan tersebut. Adanya pencahayaan yang maksimal dimana mampu membuat suasana dalam rumah menjadi lebih berkesan terang, kemudian juga adanya manfaat penghematan energi, jelas menjadi salah satu ciri dari desain rumah modern. Lalu adanya kreasi warna cat sesuai kepribadian pemiliknya pada bagian atas bangunan, menjadikan rumah tersebut nampak semakin cantik.

desain berikutnya bisa kita lihat bersama melalui gambar diatas. Kita lihat bahwa atap datar yang digunakan mampu bersinergi sempurna dengan bentuk bangunan yang ada. Bentuk minimalis yang ada berupa kotak dan persegi panjang, ketika digabungkan dengan desain atap datar mampu memberikan sebuah hasil yang nampak kekinian dan juga terdapat kesan mewah.

pada contoh desain berikutnya. Apakah ada yang meragukan kesan elegan yang ditampilkan pada gambar desain diatas? Tentu tidak. Paduan bentuk arsitektur yang ada, ditambah dengan aksen natural dari unsur kayu pada bagian depan rumah, dan dipadukan dengan atap datar menjadikan rumah tersebut seakan menjadi rumah mewah yang bernilai tinggi. Jadi dari beberapa contoh diatas, pastinya anda tidak akan ragu lagi bahwa atap datar mampu memberikan nilai yang ekslusif jika diterapkan pada sebuah bangunan ataupun rumah hunian.

demikianlah ulasan singkat yang bisa kami berikan mengenai atap datar untuk rumah dimana mampu menghasilkan kesan rumah yang mewah dan juga elegan. Sebagai tambahan dan juga penutup, sebelum memutuskan untuk mengaplikasikan atap datar pada rumah anda, cermati dulu mengenai luas bangunan yang ada. Karena semakin lebar atap datar yang ada, memiliki potensi adanya ketidakstabilan. Atap datar akan menghadapi masalah load bearing karena beban yang ditampung tersebar ke seluruh permukaan atap. Hal ini akan menimbulkan masalah saat terjadi hujan dengan intensitas yang tinggi atau saat terjadi gempa bumi.

menghindari hal tersebut, maka anda bisa mengkreasikan bentuk atau struktur bangunan yang ada. Semisal menjadikannya dalam beberapa bentuk persegi daripada hanya satu bentuk persegi panjang yang cukup lebar. Dengan cara ini maka load bearing bisa diantisipasi dan tentunya tidak ada beban berlebih yang mengganggu stabilitas atap datar anda nantinya. Demikian, semoga memberikan pengetahuan dan juga manfaat bagi anda semua dalam mewujudkan rumah hunian yang mewah dan juga elegan.

Please follow and like us:
Follow by Email
RSS
Facebook
Twitter
YouTube
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *