Penerapan Skylight Untuk Rumah Idaman Anda Yang Penuh Cahaya Alami

Dalam sebuah hunian idaman yang tidak hanya menonjolkan aspek guna melainkan juga keindahan dan juga estetika seninya, tentunya ada banyak sekali hal yang bisa dilakukan dalam kaitannya dengan desain interior. Salah satu variabel yang sering terdapat pada desain interior yaitu adanya pemanfaatan yang tepat guna dan juga multifungsi. Biasanya, sesuatu hal tidak hanya ditambahkan untuk menambah dari sisi keindahannya saja, melainkan ada juga fungsionalitas dibaliknya. Dan berlaku juga untuk sebaliknya. Kemudian, salah satu hal yang cukup ramai dibicarakan saat ini adalah adanya skylight pada rumah hunian. Apa itu skylight? Mari kita ulas bersama.

Skylight merupakan sebuah jendela ataupun kaca berongga yang letaknya berada di atas ruangan, yaitu di atap ataupun pada dinding ruangan. Tujuan utama penggunaan skylight biasanya adalah untuk membiarkan sinar matahari masuk ke rumah secara merata sehingga membuat suasana hangat, terang, dan menyenangkan. Dengan kata lain, skylight sengaja diaplikasikan untuk membuat suasana rumah menjadi lebih terang, namun menggunakan pencahayaan yang alami yaitu melalui sinar matahari. Di Indonesia sendiri, pemasangan skylight mungkin belum begitu populer dan cukup jarang ditemui. Akan tetapi skylight atau jendela atap ini beberapa kali bisa kita temui di rumah-rumah, meskipun dengan ukuran yang cukup kecil.

Pemasangan skylight pada rumah hunian anda akan menawarkan lebih banyak cahaya alami yang masuk ke hunian anda dari jendela vertikal, bahkan bisa hingga 30% dibandingkan dengan hunian yang tidak menggunakan skylight. Jika dilihat dari sudut pandang desainnya, adanya skylight mampu membuat ruangan anda tampak menjadi lebih besar.  Dengan adanya berbagai macam bentuk dan model skylight untuk setiap gaya plafon atau langit-langit rumah anda, bisa menjadi alternatif pilihan bagi anda untuk tetap mendapatkan segi fungsional dari skylight dan juga tetap mendapatkan sisi keindahan ruangan anda dengan adanya skylight tersebut. Jika rumah anda memiliki area yang cukup luas, maka pertimbangkanlah struktur kerangka yang akan menopang skylight tersebut. Anda harus pertimbangkan juga ukuran dari skylight, dikarenakan semakin besar ukurannya maka akan semakin rendah daya ketahanannya.

Manfaat Skylight

Skylight secara harfiah berarti cahaya dari langit. Sesuai dengan namanya tersebut, maka skylight berfungsi untuk mendatangkan cahaya dari langit ke dalam rumah anda dengan cara membuat semacam jendela di atap rumah. Dari hal ini maka dapat disimpulkan bahwa manfaat skylight adalah untuk memberikan atau mendatangkan cahaya yang lebih ke dalam hunian anda, dibandingkan dengan sebelumnya. Lantas apa benefit yang kita dapatkan? Keuntungan yang akan anda peroleh jika menerapkan skylight pada hunian anda yaitu adanya penghematan pada sisi pengeluaran biaya untuk listrik.

Dengan adanya skylight, maka ruangan pada hunian anda akan mendapatkan cahaya yang cukup pada siang hari, sehingga tidak memerlukan lagi adanya cahaya lampu. Jelas ini merupakan sebuah penghematan yang jika dilakukan secara berkelanjutan akan medatangkan adanya penghematan yang signifikan dari sisi pengeluaran untuk biaya listrik. Selain itu, dari sisi keindahan juga jelas akan mampu memberikan suasana ruangan yang cerah dan menyenangkan dengan adanya penerangan cahaya yang natural. Belum lagi manfaat yang akan anda rasakan pada sisi keawetan furniture anda, karena dengan adanya cahaya matahari ini akan menjadikan furniture anda bebas lembab dan juga bebas jamur.

Skylight akan sangat cocok untuk dipakai di lantai kedua rumah, loteng, maupun untuk dapur. Kemudian cocok juga dipasang di atas ruang keluarga di mana disitu kegiatan bersantai keluarga sering dilakukan. Jelas dengan adanya skylight mampu menciptakan suasana bersantai keluarga menjadi lebih riang dan ceria dengan adanya pancaran sinar yang natural ke dalam ruangan keluarga anda.

Hal Yang Perlu Diperhatikan

Setelah membaca penjelasan di atas, tentunya anda akan menjadi sangat tertarik untuk segera mengaplikasikan skylight pada rumah anda. Memang, pemasangan skylight adalah ide yang sangat menggoda, namun ada beberapa hal yang ternyata malah bisa memperburuk suasana jika anda serampangan ataupun asal-asalan dalam mengaplikasikannya. Coba bayangkan jika anda terburu-buru memasang skylight diatas kamar tidur utama anda. Oke kamar tidur anda akan bisa menjadi menarik untuk tidur di malam hari dengan adanya taburan bintang-bintang yang terlihat langsung dari kamar anda. Akan tetapi, setelah bangun pagi maka sinar matahari akan langsung ke dalam kamar dan juga menusuk mata anda secara langsung. Tentunya ini adalah hal yang cukup lucu, dimana bisa terjadi jika anda serampangan dalam mengaplikasikan skylight tanpa pedoman yang tepat.

Secara singkatnya, hal yang harus anda perhatikan yaitu rembesan air, konsentrasi panas (tingkat cahaya yang akan masuk), keamanan (bisa menjadi jalan masuk untuk pencuri), dan bagaimana anda akan membersihkannya nanti (perawatan). Terlebih dahulu anda harus menentukan seberapa besar intensitas cahaya yang anda butuhkan dan anda inginkan untuk masuk ke dalam salah satu ruangan anda. Lalu ketika hujan, pastikan skylight anda aman dari air yang masuk ke dalam ruangan ketika hujan sedang berlangsung. Kemudian coba anda perhatikan dari sisi keamanannya, apakah ada jalur yang memungkinkan untuk mencapai skylight tersebut, dimana tentunya akan menjadi sangat berbahaya jika ada seseorang yang mampu menyusup ke dalam rumah anda melalui skylight tersebut. Kemudian, tentukan letak skylight yang masih mampu untuk anda jangkau secara aman ketika nanti akan ada perawatan maupun perbaikan.

Berapa Sih Biaya Yang harus Dikeluarkan?

Untuk biaya instalasi skylight sendiri tentunya akan bervariasi. Karena akan dilihat dari ukuran, kemudian desain, lalu bahan yang di produksi. Jika dilihat dari materialnya, maka material yang biasa digunakan untuk aplikasi skylight adalah kaca, akrilik dan juga polikarbonat. Polikarbonat sendiri mempunyai ketahanan 200 kali lebih kuat dari kaca. Sehingga dapat dikatakan jika polikarbonat merupakan pilihan yang tentunya aman dan juga bisa bertahan untuk jangka waktu yang lama.

Kemudian jika dihitung secara rata-rata, maka anggaran instalasi Skylight adalah sebagai berikut:

–  Skylight untuk ukuran sederhana dan kecil adalah sekitar Rp. 1.400.000.

–  Skylight tanpa ventilasi di langit-langit  biaya instalasi nya bisa mencapai 4.000.000 per jendela tergantung pada ukuran jendela dan kompleksitas model.

– Skylight dengan ventilasi, jenis ini tersedia dalam model yang bisa di kontrol dengan remote dan tenaga listrik dan remote, mulai harga dari Rp. 3.300.000 sampai dengan Rp. 8.000.000 per jendela, dengan biaya instalasi rata-rata sekitar Rp. 6.600.000 tergantung pada ukuran dan kompleksitas model.

Perhitungan diatas tentunya akan berbeda-beda pada setiap daerah.

Anda ingin mencoba untuk mengaplikasikan sendiri skylight pada rumah anda? Sebenarnya bukanlah ide yang cukup baik untuk memasang sendiri skylight pada rumah anda, kecuali jika memang yang ingin anda pasang memiliki ukuran yang sangat kecil dimana hanya sekedar untuk menambah penerangan sedikit saja. Karena memasang untuk pengaplikasian skylight ini diperlukan perhitungan secara cermat dan tepat, ditambah juga pengalaman yang cukup. Anda harus bisa tahu secara menyeluruh mengenai seluruh struktur rumah anda, kemudian memastikan bahwa pemasangan skylight tidak mempengaruhi struktur dinding dan beban bantalan bangunan rumah anda. Tentunya hal ini cukup rumit untuk anda pelajari sendiri jika anda kurang memiliki keahlian dan pengetahuan yang cukup mengenai hal tersebut. Salah satu cara yang paling baik yaitu anda bisa berkonsultasi dengan jasa profesional yang dapat memberikan saran dan memberitahu Anda di mana dan desain seperti apa yang terbaik dan tentunya juga sesuai untuk rumah Anda.

Macam Desain Skylight

Kemudian pembahasan kita sampai pada desain skylight yang umumnya sering diterapkan baik pada hunian pribadi, cafe, maupun gedung perkantoran. Secara umum, desain skylight yang berada di pasaran adalah skylight ventilasi, skylight tetap dan juga skylight tubular.

– Skylight tetap memberikan cahaya tambahan, dimana skylight ini sangat baik penerapannya untuk lantai dua ataupun pencahayaan ruangan kebutuhan lain dan juga untuk menikmati pemandangan yang ada

– Skylight tubular : Jenis ini memiliki ukuran yang sangat kecil dengan diameter antara 10 sampai dengan 14 inci. Skylight Tubular sangat ideal untuk ruangan di mana skylight lainnya tidak bisa masuk. Berlaku untuk lorong, kamar mandi, dan lemari. Karena bentuknya yang seperpti tabung desain ini sangat memungkinkan banyak cahaya yang akan masuk ke dalam ruangan.

– Skylight  ventilasi: Skylight ini berfungsi seperti jendela yang bisa dibuka dan ditutup. Anda harus memikirkan bagaimana harus menempatkan rangkanya sehingga tidak ada rembesan air masuk ke dalam rumah melalui skylight. Desain seperti ini biasanya dilengkapi dengan remote control untuk membuka dan menutup karena memang letaknya yang agak sulit untuk dijangkau.

Beberapa Contoh Desain Skylight

Bentuk skylight ini menyerupai atap segitiga yang terbentuk dari ekspos struktur kayu yang sudah dihaluskan. Cahaya alami yang masuk melalui sela-sela kayu tidak hanya membuat area di bawahnya menjadi terang secara natural dan juga menyejukkan mata, namun juga mendapat efek garis-garis bayangan cantik yang meneduhkan dan memperkuat kesan minimalis, sekaligus membuat rumah semakin tampak elegan.

Skylight ini mengusung konsep industrial minimalis dengan didukung keindahan blok beton pada dinding serta bar grating pada anak tangga dan skylight. Skylight yang berada di atas ruang tangga sangatlah tepat untuk memfungsikan area yang seringkali tersia-sia ini menjadi sumber cahaya alami. Dengan adanya sklylight tersebut, maka area yang seringkali terlupakan ini menjadi salah satu spot yang cukup menarik jika dilihat dari estetika keindahannya.

Jika anda perhatikan, maka cahaya memanjang ini menerangi selasar di lantai dua yang memang keberadaannya bukan hanya sekedar sebagai area penghubung antar ruang, melainkan juga sebagai spot yang terlihat cantik secara natural dengan masuknya cahaya skylight ke ruang-ruang di setiap lantai.

Kemudian anda bisa mendesain skylight di atap kamar mandi anda dan mengkolaborasikannya dengan warna serba putih pada dinding dan fixture kamar mandi untuk menciptakan kesan bersih berkilau. Meskipun area kamar mandi kerap terlupakan, namun anda bisa mengubah dan mempercantik dengan menjadikannya sebagai area yang tidak hanya bersih namun juga menjadi spot yang memiliki kesan cerah kemilau dengan cahayanya. Sinar matahari yang masuk akan dipancarkan ke dalam seluruh area kamar mandi untuk membunuh kuman dan memandikannya dengan cahaya alami yang higienis.

Demikian ulasan singkat yang bisa kami berikan mengenai aplikasi skylight yang mampu membuat rumah anda memiliki sinar cahaya yang alami. Dengan sedikit informasi yang kami bagikan diatas, maka kami harapkan bisa menjadi bahan masukan dan juga pertimbangan yang tepat bagi anda untuk mewujudkan sebuah ruamah hunian yang memiliki cahaya alami dengan adanya skylight.

Please follow and like us:
Follow by Email
RSS
Facebook
Twitter
YouTube
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *