Berbagai Kesalahan Penataan Kamar Tidur Yang Membuat Ruang Tidur Anda Menjadi Kacau

Mengingat pentingnya peranan ruang tidur dalam menjaga kualitas kesehatan fisik dan juga batin untuk para penghuninya, maka tidak salah jika ruang tidur perlu mendapatkan perhatian yang cukup ekstra. Penataan ruang tidur tentunya harus diperhatikan secara seksama, dimana tidak bisa dilakukan secara asal dan serampangan, yang mana bisa berakibat buruk untuk diri sendiri dan juga keluarga anda di masa yang akan datang. Ada berbagai hal yang harus anda hindari ketika hendak menata ruang tidur anda, agar tidak berakibat area yang seharusnya menjadi tempat untuk anda berelaksasi justru menjadi sebuah tempat yang melelahkan untuk anda.

Lantas hal seperti apa sih yang harus dihindari? Hal apa saja yang sebaiknya tidak dilakukan ketika menata atau mendekorasi kamar tidur? Untuk bisa menjawab rasa penasaran anda, maka kali ini kita akan coba membahas secara lebih mendalam mengenai berbagai kesalahan penataan kamar tidur yang membuat ruang tidur anda justru menjadi kacau. Seperti apa pembahasannya, yuk langsung saja kita mulai

Kurang Cermat Dalam Memilih Lokasi Ruang Tidur

Kesalahan pertama yang seringkali dilakukan adalah kurangnya pertimbangan dalam menentukan lokasi kamar tidur. Memilih lokasi kamar tidur sama halnya dengan anda memilih lokasi yang akan anda gunakan untuk beristirahat dengan nyaman dan juga tenang. Dan untuk mendapatkan sesi istirahat yang berkualitas, tentunya ada faktor-faktor yang harus terjaga dan juga terhindari, seperti kebisingan, aroma yang tidak sedap, dan lain sebagainya. Maka dari itu pertimbangkan secara seksama denah rumah hunian anda, dan pilihlah lokasi ruang tidur yang sekiranya akan jauh dari potensi gangguan.

Cobalah untuk menghindari lokasi kamar tidur yang berdekatan dengan dapur dan juga garasi kendaraan anda. Dapur dan garasi jelas mempunyai potensi kebisingan, serta adanya polusi udara baik dari asap kendaraan maupun asap masakan yang ditimbulkan dari dapur. Jika kamar tidur anda sangat dekat dengan dapur, maka bisa memicu adanya suhu ruangan yang berlebih pada kamar tidur anda, dimana hal tersebut jelas tidak akan memberikan kualitas istirahat yang prima. Sebagai alternatif pertimbangan, maka anda bisa memilih lokasi kamar tidur pada area belakang rumah, dekat dengan taman belakang misalnya. Tentu akan terasa jauh lebih baik dibandingkan saat kamar anda bersanding langsung dengan ruangan dapur.

Tidak Mengenali Kebutuhan Warna

Ada sebuah anggapan bahwa ruangan kamar tidur sebaiknya didominasi warna yang kalem dan cenderung gelap, dikarenakan warna terang akan cukup mencolok dan bisa menyulitkan dalam merilekskan badan serta pikiran. Hal tersebut tentunya tidak keliru, namun tidak juga sepenuhnya benar. Karena setiap manusia mempunyai faktor pendukung yang berbeda untuk bisa mengantarkannya ke dalam fase relaksasi. Ada yang membutuhkan warna terang untuk bisa merasa aman dan tenang saat hendak beristirahat, dan ada juga yang sebaliknya dimana harus mendapatkan stimulus berupa warna-warna yang gelap dan temaram untuk bisa menghadirkan kenyamanan dalam beristirahat. Oleh karena itu, cobalah kenali diri anda terlebih dahulu sebelum menentukan pewarnaan seperti apa yang nantinya akan cocok untuk diterapkan pada kamar tidur anda.

Yang terjadi kebanyakan, orang menerima begitu saja masukan-masukan yang ada tentang warna kamar tidur yang ideal, tanpa menilai ke dalam diri sendiri apa yang sebenarnya dibutuhkan. Hal ini yang seringkali berakibat kurang baik, dimana ruang tidur yang seharusnya menjadi area istirahat dan relaksasi, justru menjadi tempat yang melelahkan. Bukan kesegaran fisik yang didapatkan di pagi hari, tapi justru tubuh terasa masih sangat lelah dan tidak bertenaga. Karena itulah, kenali warna apa yang sebenarnya anda butuhkan, untuk bisa mengantarkan anda ke dalam fase istirahat yang sempurna. Dan bagi anda yang sudah berpasangan, maka anda bisa mengkomunikasikan hal ini untuk mendapatkan titik temu yang sama-sama memberdayakan jika memang terjadi adanya perbedaan kebutuhan akan warna.

Kurangnya Kualitas Sirkulasi Udara

Kesalahan berikutnya yang seringkali terjadi adalah kurangnya perhatian terhadap sirkulasi udara. Kebanyakan orang beranggapan tidaklah menjadi masalah jika kamar tidur tidak memiliki jendela atau bukaan, toh nanti bisa dipasangi AC. Akan tetapi, hal itu bukanlah sebuah solusi yang tepat untuk jangka panjang. Manusia tetaplah membutuhkan adanya sirkulasi udara yang alami, terutama pada ruang tidurnya, dimana tidak akan bisa terpenuhi secara sempurna oleh air conditioner.

Usahakan agar setidaknya ada satu bukaan yang cukup lebar pada kamar tidur anda nantinya. Hal ini bertujuan untuk mengganti atmosfer dan juga adanya perputaran udara yang berkelanjutan pada kamar tidur anda. Tanpa adanya jendela atau bukaan lebar, maka bisa dipastikan ruang tidur anda menjadi terasa sumpek dan pengap, dimana pastinya tidak akan membuat anda betah beristirahat terlalu lama. Maka dari itu jangan pernah sepelekan penggunaan jendela pada ruang tidur anda.

Hanya Ada Satu Tipe Pencahayaan

Kesalahan berikutnya hadir dari segi pencahayaan kamar tidur. Rata-rata orang merasa sudah cukup puas dengan adanya satu tipe pencahayaan yang ada pada kamar tidurnya. Padahal hal ini justru bisa memicu kebosanan, karena menjadikan kamar tidur anda terkesan monoton dan tidak dinamis. Cobalah untuk menempatkan adanya dua tipe pencahayaan, dimana pencahayaan terang dan juga pencahayaan redup bisa berganti kapan saja dibutuhkan atau diinginkan.


Dua tipe pencahayaan ini tentunya merupakan pencahayaan utama dan juga secondary. Contohnya adalah dengan menempatkan lampu baca pada sudut kamar tidur anda. Untuk anda yang sudah berpasangan, maka hal ini akan sangat terasa manfaatnya nanti. Saat pasangan anda sudah merasa lelah dan butuh istirahat, namun anda masih harus menyelesaikan beberapa tugas, maka keberadaan lampu baca ini akan sangat membantu anda tanpa harus mengganggu pasangan anda. Hal seperti ini cukup terkesan sepele, namun bisa menciptakan sebuah harmoni yang selaras pada ruang tidur anda nantinya. Hindarilah untuk membuat ruang tidur anda justru menjadi sebuah tempat yang seringkali mengundang pertengkaran dengan pasangan anda

Terlalu Banyak Barang

Lalu kesalahan yang terakhir pastinya datang dari banyaknya barang yang menumpuk pada kamar tidur anda nampak kacau, berantakan, dan juga terkesan kotor. Hal sepele misalnya, bisa datang dari penggunaan bantal yang berlebihan. Satu bantal sebenarnya sudahlah cukup untuk memberikan kualitas istirahat yang prima bagi satu orang. Sehingga, setidaknya jangan sampai ada lebih dari 4 bantal yang ada pada tempat tidur anda, bagi anda yang sudah berpasangan. Adanya bantal yang menumpuk terlalu banyak ini justru hanya membuat ruang tidur anda menjadi nampak kacau. Belum lagi saat di pagi hari anda akan cukup kerepotan untuk menatanya kembali. Coba bayangkan jika keadaan kamar tidur anda di pagi hari seperti pada contoh gambar di bawah ini, tentunya akan membuat mood anda cukup buruk untuk mengawali hari bukan?kamar tidur anda. Tumpukan barang yang tidak semestinya ini jelas hanya akan membuat

Kemudian jika memang lemari penyimpanan anda tidak memadai, hindarilah untuk menyimpan banyak barang pada kamar tidur anda. Adanya barang ini nantinya hanya akan berserakan tidak karuan, karena lemari penyimpanan anda sudah tidak cukup lagi untuk menampungnya. barang yang berserakan tidak pada tempatnya jelas hanya akan membuat kamar tidur anda lebih mirip kapal pecah dibandingkan sebagai area untuk relaksasi. Jika memang anda tipe orang yang tidak membawa pekerjaan ke dalam kamar tidur anda, maka sebisa mungkin berlaku tegas untuk menjaga kesterilan kamar tidur anda dari berbagai hal yang nantinya justru akan merusak penampilan ruang istirahat anda. Dan untuk benda elektronik serta gadget, cobalah untuk membatasinya, sehingga kamar tidur anda tetap terjaga estetika dan juga fungsionalitasnya.

Demikianlah ulasan singkat yang bisa kami berikan mengenai berbagai kesalahan penataan kamar tidur yang membuat ruang tidur anda justru menjadi kacau. Semoga pembahasan yang kami berikan bisa memberikan tambahan pengetahuan bagi anda untuk menciptakan sebuah ruang tidur yang berkualitas tanpa adanya kekacauan di dalamnya.

Please follow and like us:
Follow by Email
RSS
Google+
https://kontraktor-karyamandiri.com/berbagai-kesalahan-penataan-kamar-tidur-yang-membuat-ruang-tidur-anda-menjadi-kacau/
Facebook
Twitter
YouTube
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *