DINDING ROSTER UNTUK SIRKULASI RUMAH SEHAT DAN ESTETIK

Dalam mewujudkan sebuah rumah hunian yang sehat, tentu akan ada beberapa variabel yang mempengaruhinya. Hal-hal seperti sirkulasi udara, intensitas cahaya yang masuk, kelembaban ruangan, dan lain sebagainya, merupakan beberapa variabel yang tentunya harus diperhatikan secara cermat untuk nantinya mampu memberikan kenyamanan dan juga aspek kesehatan yang mumpuni untuk rumah hunian tersebut. Nah berkaitan dengan topik tersebut, maka kali ini kita akan coba membahas mengenai dinding roster, yang mana mampu memberikan adanya sirkulasi udara yang sehat ke dalam rumah anda. Selain itu, ternyata dinding roster mampu memberikan berbagai kelebihan lainnya, dimana tidak hanya terbatas pada sisi sirkulasi udara.

Lalu apa sih itu dinding roster? Seperti apakah bentuk dan wujudnya? Dan apa sajakah kelebihan dinding roster ini untuk diterapkan pada sebuah rumah hunian? Penasaran dengan hal tersebut? Yuk langsung saja kita bahas bersama melalui ulasan di bawah ini.

Apa Sih Itu Dinding Roster?

Roster, atau yang disebut juga rooster, sejatinya merupakan lubang dinding untuk menciptakan sistem sirkulasi udara yang lebih maksimal dalam ruangan. Jika di luar negeri roster ini dikenal dengan istilah ventilation block. Dinding roster biasanya dapat kita lihat di rumah-rumah tropis zaman dulu. Biasanya dinding roster ini diletakkan di atas pintu atau jendela. Bentuk dari dinding roster juga bermacam-macam, seperti kotak, persegi, segi enam, dan sebagainya.

Dari uraian diatas, dapat kita katakan bahwa dinding roster sendiri hanyalah merupakan sebuah ventilasi untuk sistem sirkulasi udara yang lebih baik. Namun, seiring berjalannya waktu, fungsi roster kini kian berkembang. Selain sebagai lubang angin, roster bisa digunakan untuk mempercantik rumah, baik itu ditempatkan pada eksterior maupun interior, dimana membuat tampilan rumah dan juga ruangan yang ada menjadi lebih menarik. Oleh sebab itu, biasanya roster dibuat dengan desain secantik mungkin.

Kelebihan Dan Kekurangan Penggunaan Dinding Roster

Setelah mengetahui apa itu dinding roster, maka yang selanjutnya kita akan membahas apa saja kelebihan yang didapatkan dengan mengaplikasikan dinding roster pada rumah hunian anda

Kelebihan dari dinding roster:

• Karena fungsinya sebagai sistem sirkulasi udara yang maksimal, maka udara yang ada pada ruangan rumah anda tentunya akan menjadi         semakin sejuk dan sehat.
• Cahaya matahari dari luar akan dapat masuk ke dalam ruangan dengan maksimal. Hal ini tentunya akan berkaitan dengan pencahayaan pada
  desain interior yang anda terapkan.
• Jelas akan berdampak dengan adanya penghematan energi, dimana anda tidak membutuhkan banyak penerangan lampu pada siang harinya.
• Beragam motifnya yang menarik membuat roster ini dapat dijadikan sebagai unsur dekorasi, sehingga tentunya akan menambah cantik seni
   desain interior yang sudah anda rancang.
• Kemudahan untuk mengaplikasikan dinding roster ini ke dalam berbagai tipe bangunan yang ada. Mulai dari perkantoran, rumah ibadah,
   hingga bangunan residensial.

Kemudian untuk kekurangannya:

• Kurang dalam hal privasi, dimana permukaannya yang banyak memiliki lubang.
• Harus memperhatikan intesitas cahaya matahari yang masuk karena lubang yang cukup banyak.
• Kurang pas apabila ruangan yang ada berhadapan secara langsung dengan arah datangnya sinar matahari, dimana dapat membuat ruangan
menjadi kurang nyaman karena silau atau panas.
• Kurang kuat menahan beban sehingga tidak dapat dijadikan dinding utama.
• Pemasangannya harus cermat karena roster tidak mempunyai sistem penguncian di antara susunannya.
• Untuk dinding roster pada eksterior mempunyai efek samping dimana bisa membawa debu dari luar yang terbawa angin ke dalam rumah.

Setelah melihat kelemahan diatas, maka tentunya anda harus teliti dan cermat dalam mengatur kondisi yang ada sebelum mengaplikasikan dinding roster pada rumah hunian anda. Setelah anda mengaturnya dengan baik, maka anda akan bisa merasakan manfaat yang maksimal dengan penggunaan dinding roster ini.

Jenis-Jenis Roster

Setelah melihat secara sekilas mengenai kelebihan dan juga kekurangan dinding roster ini, sekarang mari coba kita lihat mengenai jenis-jenis roster yang ada dan umum digunakan. Untuk jenis roster ini sendiri didasarkan pada material pembuatan roster tersebut. Jadi penyebutan jenis rooster pun akan beragam seperti roster beton, roster batako, roster keramik, roster tanah liat, roster kayu, roster GRC, dan lainnya.

Roster Beton

Untuk roster beton ini, jelas akan memiliki durabilitas yang sangat prima. Dengan campuran material semen, pasir, dan kerikil, akan membuat roster beton ini memiliki ketahanan yang lebih kuat dibandingkan dengan roster yang terbuat dari material lainnya. Dengan komposisi material penyusun yang lebih kompleks ini, maka roster beton akan lebih mampu bertahan dengan tantangan cuaca yang ada. Secara umum, roster yang terbuat dari beton memiliki bagian tengah yang dilubangi untuk meminimalisir sinar matahari yang terik serta menyalurkan udara sejuk ke dalam hunian.

Anda bisa menggunakan dinding roster beton pada muka bangunan untuk menghasilkan visual bayangan yang unik, atau bisa juga memanfaatkannya menjadi dekorasi interior sebagai partisi antara bagian indoor dan outdoor pada rumah hunian anda.

Roster Batako

Roster ini akan sering dijumpai pada banyak rumah hunian yang ada. Karena terbuat dari batako, maka roster ini biasanya memiliki warna abu-abu. Roster jenis ini akan lebih sering anda temukan untuk mempercantik area eksterior sebuah hunian.

Anda bisa memilih roster jenis ini untuk dapat memberikan kesan unfinished pada rumah hunian anda. Pilihan ini tentunya akan sangat cocok untuk hunian anda yang bergaya industrial ataupun urban. Kemudian dengan harganya yang cukup murah dan juga tahan lama, tentu bisa menjadi salah satu keuntungan lebih yang akan anda dapatkan nantinya.

Roster Keramik

Kemudian untuk anda yang ingin mendapatkan kesan yang mengkilap, terasa mewah dan elegan, maka anda bisa mempertimbangkan untuk memilih jenis roster keramik. Roster jenis ini akan sangat pas untuk digunakan sebagai dekorasi, partisi yang cantik, dimana semakin mempertegas keindahan desain interior yang sudah ada.

Roster keramik ini jelas memiliki harga yang cukup mahal jika dibandingkan dengan beberapa jenis roster lainnya. Namun roster jenis ini akan memberikan anda pilihan yang sangat beragam mulai dari pola, motif, dan juga warnanya, dimana bisa anda padu padankan dengan tema interior ruangan anda nantinya.

Roster Tanah Liat

Untuk roster jenis tanah liat ini sudah banyak digunakan masyarakat kita sejak dulu sebagai pagar. Akan tetapi kita juga bisa berkreasi untuk menempatkan roster jenis ini ke dalam sisi interior rumah, dimana akan mampu memberikan kesan yang eksotis dan juga artistik. Namun sayangnya salah satu kekurangan yang cukup terasa dari roster jenis ini adalah warnanya yang lebih cenderung cepat pudar karena tak bisa dilapisi dengan cat.

Roster Kayu

Untuk anda yang ingin mempertegas kesan natural dan juga ingin menghadirkan unsur alam pada ruangan anda, maka anda bisa mempertimbangkan untuk memilih roster kayu ini sebagai partisi atau penyekat antar ruang yang ada pada rumah hunian anda. Dengan banyaknya variasi yang ada, maka anda bisa memilih berbagai ukuran dan pola yang sesuai untuk ruangan bergaya artistik yang ingin anda wujudkan.


Tidak hanya sehat dengan lancarnya sirkulasi udara yang ditawarkan, namun sisi estetik tentu akan anda dapatkan dengan memakai roster kayu untuk ruangan anda. Memang roster jenis ini rentan akan pelapukan yang disebabkan oleh rayap kayu, tapi dengan perawatan yang berkala tentu anda akan terhindar dari hal tersebut.

Roster GRC

GRC sendiri merupakan singkatan dari Glassfibre Reinforced Concrete. Roster ini termasuk memiliki banyak peminatnya karena mudah untuk dibentuk dalam berbagai motif dan pola berkat produksinya yang memanfaatkan mesin, sehingga tentunya motif dan pola yang ada bisa semakin beragam sesuai dengan keinginan dan selera pribadi.

Tips Pemilihan Roster

Setelah melihat beberapa jenis roster yang ada melalui pembahasan diatas, maka kemudian yang terakhir yaitu sedikit tips bagi anda dalam memilih roster:

•Pastikan dinding yang akan dipasang rooster mendukung dari segi estetika keindahan
•Pilih ukuran besar kecilnya rooster sesuai dengan kebutuhan ruangan
•Bedakan ukuran penggunaan rooster untuk desain interior dan eksterior rumah
•Pilih desain yang paling sesuai dengan tema dan desain rumah

Demikian ulasan singkat yang bisa kami berikan mengenai dinding roster. Dengan menggunakan roster pada rumah hunian anda, maka selain mandapatkan berbagai manfaat kesehatan dan kenyamanan yang maksimal, maka anda juga akan mendapatkan manfaat tambahan berupa keindahan visual yang cantik secara artistik dan juga estetik dalam penampilannya. Semoga pembahasan diatas bisa memberikan pengetahuan tambahan dan juga inspirasi bagi anda untuk mewujudkan rumah hunian anda yang semakin indah dan juga menyenangkan.

Please follow and like us:
Follow by Email
RSS
Google+
https://kontraktor-karyamandiri.com/dinding-roster-untuk-sirkulasi-rumah-sehat-dan-estetik/
Facebook
Twitter
YouTube
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *