HAL YANG HARUS DICERMATI SEJAK AWAL DALAM MEMBANGUN RUMAH

Memiliki sebuah rumah pribadi atau rumah yang menjadi milik sendiri tentunya akan menjadi dambaan semua orang. Terlebih lagi jika rumah pribadi tersebut merupakan sebuah rumah yang dibangun atas keinginan, kerja keras, dan jerih payah sendiri, dengan keterlibatan mulai dari sejak awal perencanaan hingga dengan proses pembangunan telah selesai. Dengan membangun rumah sendiri, tentu akan mendapatkan banyak hal keuntungan dimana tidak bisa diberikan oleh rumah hunian yang sudah jadi atau siap beli. Semisal dari hal selera dan kebutuhan, maka rumah yang dibangun sendiri jelas akan memenuhi aspek tersebut, dimana tidak bisa terpenuhi secara sempurna oleh rumah hunian yang sudah jadi.

Lantas seperti apa sih dinamika dalam membangun rumah sendiri? Hal ini tentunya sering menjadikan tanda tanya. Terlebih bagi anda yang sama sekali masih awam mengenai hal tersebut. Ada sebagian orang yang bilang rumit, ada pula yang bilang menyenangkan. Oleh karena itu, kali ini kita akan coba membahas mengenai dinamika dalam membangun rumah sendiri, sehingga hal-hal yang harus dicermati sejak awal dalam membangun rumah nantinya tidak akan terlewatkan oleh anda. Penasaran? Yuk langsung saja kita mulai pembahasannya secara lebih mendalam melalui ulasan dibawah ini!

Penentuan Lokasi

Hal paling utama yang perlu dicermati dalam membangun rumah sendiri tentunya adalah penentuan lokasi. Lokasi inilah yang nantinya akan menjadi sebuah area dimana bangunan rumah anda akan berdiri tegak selamanya. Di tempat inilah nanti anda dan sekeluarga akan tinggal, beraktivitas harian, berbaur dengan lingkungan sekitar, dan lain sebagainya. Banyaknya variabel yang akan berpengaruh terhadap aspek kehidupan anda sekeluarga, akan ditentukan oleh pemilihan lokasi yang tepat. Oleh karena itu sangat lumrah jika penentuan lokasi merupakan hal penting dimana harus anda cermati secara seksama.
Bagi keluarga yang berusia aktif, tentunya disarankan untuk memilih lokasi yang tidak terlalu jauh aksesnya terhadap beberapa infrastruktur penting seperti sekolah, kampus, tempat perbelanjaan, tempat hiburan dan lain sebagainya. Untuk keluarga yang sudah berusia lanjut, maka tentunya akan sangat mendambakan lokasi yang memenuhi unsur ketenangan, keasrian, dan tentunya tidak akan mengalami kesulitan dalam mengakses infrastruktur pendukung. Selain hal itu, masih ada hal lainnya seperti peruntukan lahan, pertimbangan nilai beli lokasi, hingga faktor pertambahan nilai investasi yang tentunya harus anda pikirkan secara cermat dan teliti. Tidak perlu terburu-buru dalam menentukan lokasi, dan jangan langsung tergiur dengan harga yang murah. Tentunya anda tidak ingin menyesal di kemudian hari dengan lokasi tidak strategis yang telah anda pilih secara terburu-buru.

Persiapkan Dana

Hal berikutnya yang jelas perlu untuk anda perhatikan secara detail, seksama, dan terperinci tentunya adalah mengenai dana untuk rumah anda. Pastikan anda melakukan kalkulasi dengan cermat mengenai keseluruhan biaya yang sesuai dengan budget yang akan dikeluarkan. Besaran biaya ini nantinya termasuk memperhitungkan penggunaan jasa arsitek, kontraktor ataupun pemborong. Kalkulasi ini tentu harus dilakukan secara teliti, hindari untuk menggampangkan dan terlalu umum dalam perincian alokasi dana. Hitunglah secara cermat sampai pada detail yang mampu anda perhitungkan, untuk mencegah hal-hal tidak menyenangkan di kemudian harinya.
Saat anda merencanakan membangun rumah dari nol maka setidaknya anda harus memiliki dana cadangan 10% dari keseluruhan dana yang akan digunakan nantinya. Hal ini tentunya untuk mengantisipasi adanya pembengkakan biaya tak terduga, yang salah satu penyebabnya karena meningkatnya harga bangunan seiring perubahan waktu. Namun jika anda memiliki dana terbatas, namun memiliki kebutuhan ruang yang banyak serta beberapa aspek lain yang ingin anda berikan pada rumah anda, maka anda bisa membangun rumah tersebut secara bertahap dengan konsep rumah tumbuh.

Perdalam Wawasan Anda Mengenai Rumah Dan Bangunan

Lalu hal berikutnya adalah mengenai wawasan anda mengenai rumah dan bangunan. Terlebih bagi anda yang awam, maka mulai dari sekarang luangkan waktu anda dan perbanyaklah mencari tahu segala macam yag berhubungan dengan rumah anda nantinya. Untuk masa sekarang ini, tentunya bukanlah sebuah hal sukar untuk mendapatkan akses informasi yang terpercaya dan kredibel mengenai hal-hal tersebut.
Tentunya akan ada banyak hal yang bisa anda perdalam nantinya. Dari mulai berbagai macam model bentuk rumah, gaya desain eksterior dan interior, pengetahuan dasar dalam teknik membangun rumah, sampai dengan berbagai jenis material yang pastinya akan sangat kompleks dalam membentuk sebuah bangunan. Dengan anda memperdalam wawasan seperti ini, maka nantinya akan sangat membantu anda dalam membentuk kerangka pemikiran yang merangkai garis besar hasil akhir rumah yang anda idamkan. Dan jika anda telah memiliki wawasan yang cukup dalam, maka nantinya anda akan mempunyai sebuah pedoman tersendiri, dimana akan mencegah peluang anda bermasalah dengan para jasa yang mengaku profesional namun berlaku tidak jujur dalam pekerjaannya.

Buat Daftar Kebutuhan Berjangka

Saat anda memutuskan untuk membangun rumah dari nol, terutama bagi anda pasangan muda, maka kebutuhan jangka pendek untuk rumah baru anda bisa jadi hanyalah sebuah kamar tidur ditambah dengan ruang-ruang pendukungnya. Lalu setelah beberapa waktu berselang, rumah anda akan bertumbuh seiring pertambahan anggota keluarga anda dan juga dinamika rutinitas kehidupan anda sekeluarga. Semisal kebutuhan ruang kerja di rumah, mungkin perlunya perpustakaan atau ruang baca di rumah, lalu adanya kamar anak, ruang untuk bermain anak, dan lain sebagainya. Itulah sebabnya anda perlu mempertimbangkan konsep rumah tumbuh dan memasukkan rencana perkembangan keluarga anda ke dalam daftar kebutuhan jangka menengah.

Seperti halnya ketika anda memikirkan faktor pertambahan nilai investasi tanah saat memilih lokasi, begitu pula yang perlu dipikirkan saat anda merancang rumah hunian anda pribadi. Dalam jangka panjang nantinya maka rumah anda haruslah bisa meningkat nilainya, agar jika nantinya ada permasalahan ataupun keputusan situasional yang mengharuskan anda berpikir untuk pindah rumah dan menjualnya maka rumah anda bisa terjual dengan harga yang tinggi. Itulah sebabnya, pertimbangkanlah juga untuk memilih desain yang tak lekang oleh waktu dan jaman, dan didukung juga oleh material yang kuat dan mampu bertahan lama.

Pergunakanlah Jasa Kontraktor Yang Terpercaya

Jika anda membangun rumah sendiri maka bukan berarti anda sendirian yang akan melaksanakan semua proses pembangunannya. Akan ada banyak aspek yang sangat membantu anda nantinya jika anda mempertimbangkan untuk memilih jasa kontraktor yang terpercaya. Beberapa keuntungan tersebut diantaranya seperti dibawah ini:
• Semua hal yang berkaitan dengan pembangunan sudah direncanakan dengan matang terutama mengenai rencana anggaran biaya dan sebagainya.
• Adanya penguasaan pada teknis konstruksi hingga perhitungan struktur bangunan dengan tingkat kerumitan yang kompleks
• Adanya dukungan berupa cadangan modal yang cukup besar jika suatu saat tahapan dana atau termin dari pemilik rumah terlambat turun, sehingga tidak mengganggu dalam jalannya keberlangsungan proyek
• Dengan adanya pengawasan sendiri yang selalu mengawasi jalannya proyek dan keluar masuknya material, sehingga tidak terlalu membutuhkan pengawasan pribadi dari pemilik rumah
• Pemilik rumah dapat dengan mudah bertanya setiap saat mengenai progress perkembangan jalannya proyek
• Mengetahui hingga hal terdetail, semisal mengenai seluk beluk bahan bangunan berkualitas. Dengan disiplin ilmu yang dimiliki bisa memberikan saran-saran terbaik bagi pemilik rumah untuk medapatkan hasil yang paling memuaskan.
• Anda tidak perlu merasa ragu ataupun takut jika hasil yang didapat berbanding terbalik dengan hasil yang diharapkan. Dengan adanya badan hukum maka anda bisa menuntut dan membawa ke jalur hukum apabila nantinya hasil pekerjaan tidaklah sesuai dengan kontrak perjanjian kerja yang telah disepakati kedua belah pihak
• Dengan segala pengalaman yang dimiliki, tentu cukup bisa diandalkan dalam memenuhi maupun memuaskan apa yang menjadi kebutuhan maupun keinginan pemilik rumah
• Dengan adanya garansi pasca bangun, maka pihak pemilik rumah tidak perlu merasa khawatir. Jika nantinya terdapat kerusakan, maka pihak kontraktor yang akan berkewajiban untuk memperbaiki.
Setelah melihat berbagai keuntungan yang pastinya akan sangat membantu anda nantinya, maka anda mulai sekarang bisa mempertimbangkan untuk memilih jasa kontraktor sebagai mitra terpercaya yang mampu membantu mewujudkan anda dalam membangun rumah impian anda.

Demikianlah ulasan singkat yang bisa kami berikan mengenai hal-hal yang harus dicermati sejak awal dalam membangun rumah. Semoga ulasan yang kami berikan mampu memberikan tambahan pengetahuan dan tentunya sangat kami harapkan agar bisa bermanfaat untuk anda semua.

Please follow and like us:
Follow by Email
RSS
Google+
https://kontraktor-karyamandiri.com/hal-yang-harus-dicermati-sejak-awal-dalam-membangun-rumah/
Facebook
Twitter
YouTube
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *