Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melakukan Renovasi Rumah

Kontraktor Bangunan Murah – Kali ini kami CV. Karya Mandiri akan memberi sedikit tips bagi anda yang ingin merenovasi rumah.

Mengubah bentuk rumah menjadi lebih bagus dan sesuai keinginan merupakan suatu hal yang lazim dilakukan. Semisal anda membeli sebuah rumah lama, kemudian berencana melakukan renovasi rumah dengan tujuan untuk menjadikan rumah tersebut menjadi rumah layak huni dan tentunya sesuai dengan standar kenyamanan yang anda inginkan. Renovasi atau yang disebut juga remodeling merupakan sebuah proses merombak, memperbarui, meremajakan, memperbaiki, atau menyempurnakan struktur atau bentuk, ataupun memberi desain tambahan pada bangunan. Renovasi rumah bisa juga merupakan proyek untuk mengembangkan serta memperbarui interior dan eksterior rumah yang ada, dan juga perbaikan lainnya pada lahan semisal perawatan/penambahan garasi.

Proyek renovasi rumah umumnya memiliki tujuan untuk meningkatkan kenyamanan, untuk pemeliharaan serta perbaikan, kemudian adanya penambahan ruang, dan juga penambahan aspek keamanan. Pemilik atau penghuni biasanya merasakan adanya suatu kekurangan pada bangunan rumahnya, ataupun ingin melakukan pembaruan untuk menambah aspek estetika dan kenyamanan, sehingga memutuskan untuk melakukan renovasi pada rumah huniannya. Akan tetapi, proses renovasi bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah untuk dilakukan, dengan adanya berbagai tantangan dan kerumitan yang harus terlebih dahulu dilewati. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kita akan coba membahas mengenai hal apa saja yang perlu diperhatikan sebelum melakukan renovasi rumah. Langsung saja kita simak pembahasannya melalui ulasan di bawah ini.

Matangkan Perencanaan Renovasi Rumah Anda

Hal yang harus diperhatikan secara seksama yaitu perihal perencanaan awal. Anda sudah harus memiliki perencanaan yang matang sebelum memutuskan untuk melakukan renovasi rumah. Perencanaan matang yang dimaksudkan tentunya berkaitan dengan biaya yang akan dikeluarkan. Persiapkan dengan tepat anggaran anda, sehingga proses renovasi rumah anda bisa berjalan dengan lancar. Tentunya anda tidak ingin proses renovasi anda berhenti di tengah jalan karena kurang matangnya perhitungan anggaran anda bukan.

Dalam kaitannya dengan anggaran, maka anda harus membuat skala prioritas mengenai bagian mana saja yang perlu untuk anda renovasi. Kemudian mengenai RAB juga harus sudah anda buat secara sempurna. Dengan membuat RAB renovasi rumah secara detail dan akurat sebelum memulai proyek renovasi rumah, maka diharapkan anda akan memperoleh hasil akhir renovasi rumah yang sesuai dengan kualitas yang anda inginkan, tentunya dengan pengeluaran biaya yang sehemat dan seefisien mungkin. Dan mengenai IMB, jangan sampai terlupa untuk mengurusnya jika ternyata tahapan renovasi yang akan anda lakukan membutuhkan izin.

Kenali Rumah Anda

Hal penting berikutnya yang harus anda perhatikan sebelum melakukan renovasi rumah yaitu adanya tahap pengenalan terhadap karakteristik rumah anda. Karakteristik yang dimaksudkan disini tentunya akan mencapuk semua aspek yang ada pada rumah anda. Semisal karakteristik lahan, dimana sangat penting untuk anda kenali sebelum melakukan perubahan bentuk tehadap bangunan rumah anda. Kondisi iklim, kemudian view atau pemandangan, perlu anda cermati sebelumnya untuk mendapatkan hasil yang memuaskan berkaitan dengan privasi serta kenyamanan anda. Respon yang maksimal terhadap pengenalan karakteristik lahan anda tentunya akan berimbas juga ke dalam hasil terbaik renovasi rumah anda.

Kemudian mengenai struktur bangunan anda, tentunya anda diwajibkan untuk mengenali dan juga mengerti secara seksama perihal bagaimana karakter struktur bangunan anda. Saat anda melakukan renovasi rumah, ini bukan berarti anda sekedar memadukan desain konstruksi baru dengan yang lama. Untuk merombak rumah dengan mendapatkan hasil yang maksimal dan juga memuaskan, maka anda harus bisa secara logis menggabungkan pola, bentuk, dan juga infrastruktur antara konstruksi lama dengan yang baru.

Lalu beberapa contoh hal lainnya mengenai air dan listrik. Anda tentunya tidak bisa menambahkan kamar mandi tanpa mengetahui dengan cermat jalur pipa, tangki air, dan kapasitas pemanas air pada struktur rumah anda. Dan saat anda akan menambahkan ruang atau lantai baru, tentunya anda harus memperbarui panel listrik anda. Selain itu, perlu juga diingat untuk menempatkan panel pada ruang khusus tanpa harus tersembunyi di dalam lemari. Jika anda masih memiliki jaringan kabel model lama, proyek renovasi rumah kali ini mungkin juga merupakan kesempatan ideal untuk mengatur jaringan kabel baru dan menghubungkan semua outlet tersebut. Hal ini merupakan beberapa contoh mengenai banyaknya variabel yang perlu anda kenali dan perhatikan dalam karakteristik rumah anda, dengan tujuan agar proses renovasi anda tidak menemukan kendala berarti nantinya.

Perhatikan Lingkungan Sekitar

Saat anda berencana untuk melakukan renovasi dimana hasil akhirnya akan mengubah bentuk tampilan rumah anda secara garis besarnya, maka tentunya anda juga harus memikirkan nilai estetikanya dari keseluruhan penampilan visual yang ada dengan lingkungan sekitar rumah anda.

Penting sekali bagi anda untuk mengenali dan juga memahami karakteristik serta struktur daerah lingkungan sekitar rumah anda. Mengenali dan menghargai karakter komunitas pada lingkungan anda yang tentunya akan beragam, serta menggabungkan pola-pola bangunan setempat ke dalam desain baru rumah anda, tentunya akan dapat memperkuat kerangka kontekstual daerah tersebut dan anda akan berkontribusi terhadap pola unik di lingkungan tersebut. Tentunya anda tidak ingin bangunan rumah anda menjadi bahan pembicaraan hanya karena tampilan bentuknya yang sangat kontras, terlalu mencolok, dan tidak cocok untuk berpadu dengan penampilan visual secara keseluruhan di lingkungan tersebut.

Hindari Kesalahan Fatal

Dalam proses renovasi rumah, seperti yang kita keahui bersama tentunya membutuhkan dana dan anggaran yang tentunya tidak sedikit, bahkan bisa dibilang cukup mahal. Atas problem itulah, maka seringkali pemilik atau penghuni rumah berusaha sedemikian rupa untuk menekan biaya yang ada dengan tujuan untuk melakukan penghematan. Namun apa yang terjadi di lapangan, terkadang menjadi sangat jauh dari apa yang diharapkan. Alih-alih melakukan penghematan, yang terjadi justru adanya permasalahan pada proses renovasi ataupun problem baru di kemudian hari.

Salah satu yang sering dilakukan yaitu membeli bahan baku dengan harga yang tergolong murah, tanpa memperdulikan faktor kualitas. Memilih bahan dengan harga yang murah untuk renovasi rumah memang tidak ada salahnya, tapi apakah anda siap dengan risiko yang akan terjadi di kemudian hari? Bukankah faktor resiko yang menghadang anda di kemudian hari justru akan menambah biaya baru lagi?

Kemudian hal lainnya yang cukup sering dilakukan yaitu memaksakan diri untuk melakukannya sendirian tanpa didampingi ahlinya. Untuk menekan biaya yang ada, banyak orang berusaha melakukan perencanaan dan perhitungan sendiri tanpa berkonsultasi dengan jasa renovasi yang sudah berpengalaman. Padahal adanya kesalahan perhitungan dimana perbedaan ukuran satu inci atau bahkan setengah inci saja dapat membuat perubahan yang signifikan. Jika dimensi yang diukur tidak sama dan simetris, maka hasil yang diinginkan akan sulit didapat dan anda diharuskan mengulang renovasi dimana hal ini tentu semakin menambah banyak pengeluaran. Oleh karena itu akan menjadi lebih baik jika anda meminta bantuan kepada para ahlinya yang memang sudah kompeten dan berpengalaman untuk membantu mewujudkan hasil renovasi rumah anda yang memuaskan serta sesuai dengan harapan dan keinginan anda tentunya.

Demikian ulasan singkat yang bisa kami berikan mengenai hal apa saja yang perlu anda perhatikan sebelum memutuskan untuk melakukan renovasi rumah. Semoga ulasan ini bisa menjadi pengetahuan tambahan serta masukan yang berguna bagi anda dalam mewujudkan rumah hunian yang nyaman untuk keluarga anda.

Please follow and like us:
Follow by Email
RSS
Google+
https://kontraktor-karyamandiri.com/hal-yang-perlu-diperhatikan-sebelum-melakukan-renovasi-rumah/
Facebook
Twitter
YouTube
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *