Kesalahan Dalam Desain Dapur Yang Membuat Area Masak Anda Menjadi Berantakan

Area dapur tentunya menjadi salah satu area yang memiliki pengaruh besar terhadap berbagai aspek yang ada pada sebuah keluarga. Karena memang fungsinya yang berperan vital dalam menghadirkan berbagai hidangan serta nutrisi yang sempurna bagi semua anggota keluarga, maka dapur jelas menjadi sebuah tempat yang harus dicermati penataannya. Kesalahan dalam menata ruangan dapur jelas akan membawa dampak buruk bagi siapapun yang bertugas di dalamnya. Jika suasana tidak mampu membawanya dalam keadaan yang optimal, jelas akan mempengaruhi kualitas hidangan yang akan disajikan.

Mengingat seriusnya permasalahan tersebut, maka kali ini kita akan coba membahas mengenai berbagai kesalahan dalam desain dapur yang membuat area masak anda menjadi berantakan. Apa saja sih hal yang sebaiknya tidak dilakukan? Hal apa saja yang harus dijaga agar suasana dapur tetap menjadi kondusif dan optimal? Untuk menjawab itu semua, maka langsung saja kita menuju ke pembahasan di bawah ini.

● Perhatian Terhadap Area Kerja

satu kesalahan yang seringkali terjadi pada area dapur tentunya adalah kurangnya perhatian bagi area kerja. Bagi anda pribadi yang awam ataupun memandang sebelah mata terhadap ruangan dapur, biasanya hanya akan melihat dapur sebagai area masak belaka, sesimpel itu. Padahal sejatinya dapur memiliki kompleksitas yang jauh lebih besar dibandingkan hanya sebagai “tempat masak’. Jika anda tidak percaya, maka anda bisa menanyakannya kepada para chef yang berpengalaman. Sudut pandang mereka terhadap dapur pastinya sedikit banyak akan mengubah persepsi anda selama ini yang memandang dapur hanyalah sebuah tempat masak yang remeh.

bagian dapur, ada berbagai standar atau hal-hal yang harus dipenuhi untuk membuat ruang kerja menjadi maksimal. Jika ada bagian yang kurang, atau tidak memenuhi standar, maka bisa berakibat adanya lalu lintas pekerjaan yang kurang efisien. Salah satu contoh kecilnya adalah meja. Terlihat sederhana memang, namun akibatnya bisa cukup besar jika tidak dicermati secara serius.

anda keliru dalam memilih meja, maka jelas itu akan membuat dapur anda menjadi kacau. Saat anda memilih meja untuk area dapur, maka pastikanlah meja tersebut tidak hanya bagus untuk unsur dekoratif, melainkan sanggup memenuhi standar fungsional untuk ruang kerja dapur. Pastikan anda memiliki meja kerja yang cukup jumlahnya dan juga sesuai dengan mengevaluasi bagaimana anda menggunakan countertops dapur anda. Kemudian memahami bagaimana lalu lintas akan mengalir sempurna melalui dapur merupakan situasi yang sangat berguna dalam mengorganisir ruang kerja meja, sehingga menghasilkan suasana kerja yang efisien sekaligus nyaman untuk anda dalam menangani berbagai macam aktivitas yang ada pada dapur anda nantinya.

● Melupakan Aturan Golden Triangle

siapa bilang dapur merupakan tempat yang hanya sekedar untuk menaruh kompor, wajan, dan lain sebagainya. Dapur jelas memiliki kompleksitas yang jauh lebih besar dibandingkan sebagai sebuah tempat yang selama ini kita anggap sepele. Dalam seni penataan dapur, dikenal istilah golden triangle untuk mendapatkan kesempurnaan dan juga kelancaran dalam menghadirkan berbagai macam hidangan yang berkualitas tinggi, dimana tidak hanya enak secara rasa namun juga adanya efisiensi dalam waktu.

Apa itu golden triangle? Secara sederhananya, golden triangle ini merupakan konsep segitiga tak terlihat yang menghubungkan antara lemari es, kompor, dan tempat menaruh bahan-bahan, wastafel, dan lain sebagainya. Golden triangle nantinya tak boleh dihalangi oleh perabotan apapun, baik lemari kabinet atau pun meja. Sebab, segitiga tersebut haruslah menjadi tempat yang leluasa untuk bergerak dan mengakomodir kegiatan agar luwes dan juga efisien tentunya. Karena sangat berperan penting terhadap hasil kerja anda nantinya, maka anda tidak boleh sembarangan dalam menata dapur anda dan melupakan adanya konsep ini. Jadi tatalah dapur anda dengan selalu menerapkan konsep ini kedalamnya.

● Penyimpanan Yang Tidak Memadai

Dapur jelas akan mempunyai banyak sekali barang di dalamnya, dari mulai bahan masakan, bumbu dapur, hingga peralatan masak dari mulai yang kecil hingga yang besar. Semua itu jelas akan membutuhkan space yang tidak sedikit, Karena itu untuk bisa mendapatkan sebuah dapur yang indah dan nyaman tanpa adanya kekacauan visual, anda harus memperhatikan dengan seksama perihal ruang penyimpanan ini.

Anda bisa saja menggunakan dapur built in, yang memang sudah dirancang khusus untuk memudahkan anda. Tapi tentunya harga yang ditawarkan tidak bisa dibilang cukup murah, butuh dana yang cukup besar untuk memilikinya. Jadi tentunya akan harus cermat mengenai masalah penyimpanan ini, karena salah satu kesalahan dekorasi yang paling sering terjadi adalah tidak adanya ruang penyimpanan/storage cabinet yang cukup dan juga memadai. Jangan sampai ruangan dapur anda menjadi berantakan dan terlihat kacau karena peralatan anda berserakan dimana-mana.

Desain Kitchen Island Yang Keliru

Mengaplikasikan kitchen island ke dalam dapur anda jelas merupakan langkah yang tepat, dimana ada banyak sekali kelebihan yang ditawarkannya. Dengan menggunakan dapur island, maka akan ada banyak pekerjaan yang terbantu, belum lagi ditambah dengan keuntungan lain berupa unsur dekoratifnya yang memang memanjakan mata.

Akan tetapi jika anda keliru dalam memilih model kitchen island atau bahkan menempatkannya dalam posisi yang keliru, justru bisa membuat dapur anda menjadi kacau. Mengingat dari konsep golden triangle, bahwa tidak boleh ada yang mengganggu dalam segitiga lalu lintas pekerjaan anda. Penerapan kitchen island yang salah justru bisa berpotensi menghalangi arus lalu lintas, menciptakan kemacetan, dan juga kerepotan besar untuk aktivitas anda nantinya. Dan salah satu solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menambahkan sink atau bahkan kompor ke island, dimana menjadikannya bagian dari golden triangle dapur anda.

Minim Pencahayaan Dan Sirkulasi Udara Yang Kurang Berkualitas

kesalahan berikutnya yang berpotensi mengakibatkan kekacauan terhadap dapur anda datang dari segi pencahayaan dan juga sirkulasi udara. Adanya pencahayaan yang minim jelas akan membuat suasana dapur anda menjadi suram dan tidak menggairahkan. Jika sudah begitu, siapa yang akan tertarik untuk berkreasi di dalamnya? Belum lagi jika diperparah dengan kualitas sirkulasi udara yang memprihatinkan. Semakin lengkap sudah dapur anda menjadi sebuah area yang membuat orang malas untuk mendatanginya.

untuk mencegah hal itu, maka anda harus perhatikan dengan benar masalah pencahayaan dan juga sirkulasi udara yang ada. Adanya potensi bebauan dan juga asap pada dapur jelas membutuhkan adanya perputaran udara yang baik. Kemudian pencahayaan yang cukup terang nantinya jelas akan dibutuhkan untuk mengubah dapur anda menjadi tempat yang menarik dan juga menyenangkan.

Desain Dapur Yang Membosankan

Kemudian kesalahan terakhir datang dari desain dapur itu sendiri. Jika anda tidak serius dalam memperhatikan gaya desain dapur anda, jelas nantinya bisa berpotensi membuat anda cepat bosan. Oleh karena itu usahakanlah untuk membuat dapur anda menjadi tampil cantik dan menawan. Gunakanlah kreasi anda sendiri, dengan menggabungkan ide dengan hal-hal kesukaan favorit anda, dan kemudian aplikasikanlah ke dalam dapur anda. Dengan anda memiliki hal yang bersifat personal di dalam dapur anda, jelas tidak akan membuat anda merasa bosan ketika berada di dalamnya.

Demikin ulasan singkat yang bisa kami berikan mengenai kesalahan dalam desain dapur yang membuat area masak anda menjadi berantakan. Dengan anda memperhatikan hal tersebut, maka anda bisa menghindari potensi kekacauan dapur anda nantinya, sehingga anda bisa menciptakan sebuah dapur ideal yang tidak hanya fungsional namun juga menarik dan juga menyenangkan.

Please follow and like us:
Follow by Email
RSS
Facebook
Twitter
YouTube
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *