Kreasi Ruang Tanpa Dinding Untuk Rumah Minimalis

Kontraktor Cv.Karya Mandiri -kali ini akan membahas tentang ruang tanpa sekat.bergaya minimalis tentunya ada banyak hal yang coba untuk diminimalisir, dengan tujuan untuk menjaga temanya yang simpel dan menghindari adanya banyak hal yang tidak perlu. Salah satu ciri rumah minimalis yaitu dengan tiadanya ruangan yang cukup banyak, dimana hanya ada beberapa ruangan penting saja yang coba untuk ditonjolkan. Lantas apakah dengan sedikitnya ruangan tersebut menjadikan rumah minimalis menjadi minim fungsi? Tentu tidak, karena adanya seni penataan yang disebut ruang tanpa dinding, sehinga dalam satu ruangan yang jumlahnya sedikit tersebut bisa berisi lebih dari 2 fungsi ruang yang dijadikan satu tanpa adanya dinding pemisah. Cara ini tentunya sangat berguna jika diterapkan pada sebuah rumah hunian yang tidak memiliki banyak ruangan, sehingga rumah tersebut tetap memiliki banyak fungsi ruang meskipun dengan keterbatasan jumlah ruangan. Dalam rumah yang bergaya minimalis, tentunya hal ini patut untuk diperhatikan mengingat aspek fungsinya yang cukup besar dalam hal fungsionalitas sebuah ruangan.

apa saja yang harus diperhatikan dalam menciptakan sebuah kreasi ruang tanpa dinding, dan bagaimana cara penataannya untuk mendapatkan hasil yang maksimal? Mari langsung saja kita pelajari bersama melalui penjelasan singkat dibawah ini.

Berikan Aksen Perubahan Level

merupakan salah satu elemen penting dalam interior yang tentunya sering digunakan sebagai pembatas antar ruangan. Adanya dinding memang menjadi sebuah batas yang tegas, dimana membatasi antara ruangan satu dengan lainnya yang seringkali berbeda fungsinya. Namun tentunya ada cara lain yang bisa digunakan untuk memberi batasan persepsi ruang tanpa harus menggunakan dinding, yang mana sanggup memberikan kesan luas dan terbuka yang tidak bisa ditawarkan oleh penggunaan dinding.
Salah satu cara yang bisa digunakan yaitu dengan adanya tanda atau pengenal yang menandakan adanya perubahan level, dimana membatasi sisi fungsionalitas satu ruangan tersebut dengan yang lainnya.

ilustrasi diatas jelas terlihat bahwa adanya perbedaan level tinggi lantai tersebut menjadi sebuah penanda adanya space khusus yang memiliki fungsi berbeda dengan yang ada di sebelahnya. Dalam satu ruangan tersebut sebenarnya memiliki dua ruangan terpisah yaitu ruang keluarga kecil, kemudian dapur yang beserta ruang makannya. Dengan adanya tiga anak buah tangga tersebut seolah berperan sebagai pintu masuk, jika menggunakan konsep ruang dengan dinding sebagai pemisah.
Dari gambar tersebut cukup jelas sekali manfaat yang didapatkan jika kita menerapkan kreasi ruangan tanpa dinding tersebut, yaitu kesan ruangan yang menjadi tampak luas. Hal itu tentunya tidak akan bisa didapatkan jika kita menjadikan ruangan tersebut menjadi dua area berbeda yang terpisah dengan dinding sebagai pembatasnya. Anda akan mendapatkan sebuah area luas yang mencakup dua ruangan yang berbeda yaitu ruang makan dan juga ruang bersantai untuk keluarga, dimana hal ini tentu akan semakin menambah semarak acara berkumpul keluarga anda.

Berikan Elemen Untuk Penekanan Batas Ruang

perubahan level, cara lain yang bisa digunakan untuk kreasi ruang tanpa dinding yaitu dengan adanya penambahan elemen sebagai penanda adanya ruangan yang berbeda. Elemen yang dipakai bisa berupa apa saja, dengan pemilihan yang tepat dan juga tentunya serasi untuk digunakan sebagai penanda adanya ruangan yang terpisah.

Dari gambar ilustrasi diatas bisa kita lihat bahwa ruangan tersebut memanfaatkan beberapa elemen yang ditonjolkan guna memberikan persepsi yang berbeda antara ruang makan dan ruang untuk bersantai. Elemen gantung berupa dua buah lampu besar yang digantung tersebut memberikan penanda batasan yang jelas untuk area ruang makan tersebut. Lalu ada juga elemen kayu yang menjadi batas ruang makan, untuk mempertegas batas ruang makan tersebut dengan ruangan yang ada di sebelahnya. Kemudian warna cat yang berbeda, seakan memberikan penegasan tersendiri akan adanya eksistensi ruang bersantai yang terpisah dari ruang makan. Ditambah dengan elemen hias berupa karpet yang warnanya senada dengan warna tembok di belakang sofa menjadikan sebuah persepsi ruang yang tampak nyata, meskipun tanpa menggunakan dinding sebagai pemisah untuk memisahkan ruang santai dengan ruang makan.

Penggunaan Penyekat Sebagai Batas Nyata

cara berikutnya yang bisa digunakan dalam kreasi ruang tanpa dinding untuk rumah minimalis yaitu dengan adanya penggunaan sekat. Penyekat merupakan solusi simpel dan praktis, namun memberikan dampak nyata sebagai penegas batas dan pemisah antara dua ruangan yang berbeda. Anda bisa menggunakan penyekat dengan berbagai macam bahan, dan tentunya dengan berbagai macam model pula. Tentunya penyekat yang akan digunakan tidak hanya memiliki fungsi sebagai pembatas belaka. Melainkan memiliki fungsi lainnya yang berguna untuk semakin mempercantik ruang, yang senada dengan konsep rumah minimalis anda.

Dari gambar diatas nampak bahwa penyekat yang digunakan tidak hanya berfungsi sebagai pembatas saja, melainkan memiliki fungsi sebagai wadah untuk menata barang-barang seperti buku, vas dan lainnya. Bisa juga digunakan untuk entertain elektronik seperti tv, dvd player, dan sejenisnya. Penyekat ini jelas mampu memberikan batas hierarki antar ruangan yang sangat jelas antara satu ruang dengan ruang yang lainnya. Dan juga penyekat dengan model seperti pada gambar diatas jelas semakin mempercantik kreasi ruangan tanpa dinding yang anda miliki dengan bentuknya yang unik. Jika anda membutuhkan penyekat yang dinamis, maka anda cukup menambahkan roda pada kaki-kaki penyekat tersebut agar bisa memindahkan dan mengkreasikannya untuk ruangan lain sewaktu anda perlukan.

Adanya Kontras Pada Material

cara yang terakhir dalam kreasi ruangan tanpa dinding yang bisa anda terapkan pada rumah minimalis anda yaitu dengan adanya kontras pada material antar ruang. Penggunaan material yang berbeda antar satu ruang dengan ruangan lainnya ini jelas memberikan penanda yang lugas dan juga kuat untuk membedakan antar ruangan. Untuk mengaplikasikan cara ini, tentunya anda sudah harus memikirkan secara matang sebelumnya mengingat perubahan material tersebut tentunya membutuhkan anggaran yang cukup menguras dan membutuhkan perhitungan yang matang jika dibandingkan dengan memakai penyekat.

jelas sekali bukan, adanya batas antar ruang tersebut meskipun tanpa dinding pemisah. Hal ini tentu didapatkan dari adanya kontras yang terdapat pada perbedaan material di langit-langit dan juga pada lantainya. Adanya perbedaan material ini jelas sekali memberikan pembatas dan pemisah antara dapur dengan ruangan bersantai. Ditambah dengan elemen gantung berupa lampu kecil dan juga perbedaan level lantai, menjadikan kreasi ruangan tanpa dinding ini menjadi sangat cantik. Dengan desain seperti ini maka anda bisa memiliki sebuah ruangan dengan cakupan yang luas tanpa harus merasa terkotak-kotak dengan adanya dinding pemisah yang mempersempit ruangan rumah anda.

Demikian ulasan singkat yang bisa kami berikan dalam kreasi ruang tanpa dinding untuk rumah minimalis anda. Semoga beberapa cara tersebut bisa menjadi inspirasi bagi anda untuk mendapatkan area ruangan yang luas tanpa harus merasa terbatasi dengan adanya dinding pemisah.

Please follow and like us:
Follow by Email
RSS
Facebook
Twitter
YouTube
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *