MENGENAL BERBAGAI RESIKO SAAT MEMBANGUN RUMAH

kontraktor cv.karya mandiri-Sebuah rumah idaman tentunya akan menjadi impian bagi setiap orang, yang akan selalu diupayakan dengan maksimal. Dengan bisa memiliki rumah sendiri, selain dari berbagai aspek kebutuhan yang terpenuhi, juga mampu memberikan sebuah rasa kebanggaan maupun kepuasan tersendiri. Bagi anda yang telah merasakan dan juga mengalaminya, pasti akan sangat setuju akan adanya sebuah kebanggaan tersendiri saat sudah memiliki rumah pribadi.
Namun dibalik semua hal indah tersebut, tentu akan ada sebuah perjuangan untuk melaluinya. Untuk bisa mewujudkan sebuah rumah idaman, terutama jika anda membangun sendiri, pastinya akan ada banyak hal memusingkan yang seringkali datang menghampiri tanpa bisa anda hindari. Sangat wajar memang, karena dalam membangun rumah sendiri ada banyak sekali hal yang kompleks, dimana satu detail kecil saja bisa sangat memusingkan kepala.
Nah, untuk pembahasan kali ini kita akan coba untuk mengulas dan juga mengenal berbagai resiko saat membangun rumah. Tujuan kali ini tentunya adalah untuk mengenalkan anda akan adanya berbagai resiko yang mengintai saat anda membangun rumah sendiri. Namun yang pasti bukanlah untuk membuat ragu atau bimbang untuk membangun rumah sendiri, melainkan untuk sebuah pembelajaran bagi anda agar tidak menjumpai permasalahan yang sama. Dengan anda belajar dari resiko-resiko yang ada di bawah ini, tentunya anda akan bisa melakukan persiapan dan juga tindakan pencegahan, agar rencana anda untuk membangun rumah sendiri bisa berjalan mulus dan lancar tanda kendala berarti.

Lalu seperti apakah berbagai resiko yang ada saat membangun rumah sendiri? Yuk langsung kita simak bersama melalui pembahasan dibawah ini!

Resiko Ditinggal Kabur Kontraktor

Untuk resiko yang pertama, kita akan belajar mengenai pentingnya anda sebagai owner untuk lebih teliti dalam memiliih kontraktor, kemudian juga mau belajar untuk lebih mengenali tahapan-tahapan yang ada dalam membangun rumah. Karena jika anda lalai ataupun enggan untuk mempelajari hal tersebut, maka anda akan menghadapi adanya resiko berhadapan dengan kontraktor yang nakal. Pastinya anda sudah cukup sering mendengar adanya kasus proyek pembangunan rumah yang mangkrak begitu saja, akibat dari ulah kontraktor nakal yang kabur dan lari dari tanggungjawab untuk menyelesaikan pekerjaannya. Tentunya anda tidak ingin ikut-ikutan mengalami hal tersebut bukan?

Untuk bisa meminimalisir terjadinya resiko tersebut, maka anda dituntut untuk berhati-hati dalam memilih kontraktor. Anda diharuskan untuk jeli dan teliti dalam memilih kontraktor, sehingga anda bisa terhindar dari potensi kerugian tersebut. Cermati secara baik-baik, dan pelajarilah track record dari calon kontraktor yang hendak anda ajak bekerjasama. Tentu tidak ada salahnya untuk anda meminta rekomendasi dari beberapa kerabat maupun rekan yang sudah berpengalaman, untuk memberikan anda berbagai pilihan kontraktor yang terpercaya.

Dan tidak cukup sampai disitu saja, anda tentunya harus lebih meluangkan waktu untuk mengawasi pekerjaan dari kontraktor yang anda pilih. Kemudian anda pelajarilah berbagai tahapan yang ada, agar anda bisa memonitoring tentang progress dari pengerjaan yang sedang berlangsung. Karena dengan peran aktif anda, maka anda sudah meminimalisir potensi akan adanya kontraktor yang mempunyai niatan buruk terhadap proyek rumah idaman anda.

Resiko Akan Jadwal Yang Molor

Kemudian untuk resiko yang berikutnya adalah mengenai jadwal penyelesaian proyek rumah idaman anda. Tentunya anda tidak ingin pengerjaan rumah anda jadi berlarut-larut karena jadwalnya yang molor bukan? Hal ini bisa saja terjadi jika anda sembarangan dalam memilih kontraktor yang tidak kompeten dan berpengalaman. Jika anda keliru dalam memilih kontraktor, maka akibatnya anda akan berpotensi menghadapi kerugian waktu yang cukup banyak.

Sebelum proyek mulai dilaksanakan, tentunya telah ada kesepakatan mengenai jadwal pembangunan yang sudah disetujui oleh kedua pihak. Dan memang, dalam proyek pembangunan rumah tentunya akan ada berbagai hal diluar dugaan yang bisa menghambat atau memperlambat jalannya pengerjaan. Semisal dari faktor cuaca yang mungkin sedang buruk, atau dari suplai distributor yang mengalami kendala dalam menyuplai material. Hal tersebut jelas merupakan sebuah kondisi yang lumrah. Namun jika anda memilih jasa kontraktor yang sudah ahli dan juga berpengalaman, hal tersebut bukanlah sebuah kendala yang besar. Mereka akan dengan sigap mengatasi hal tersebut tanpa harus menjadikan jadwal pembangunan rumah anda mundur terlalu lama, karena kontraktor yang berpengalaman tinggi sudah memperhitungkan adanya toleransi keterlambatan dengan sangat teliti.

Resiko Hasil Yang Mengecewakan

Kemudian untuk resiko yang berikutnya bisa menghantui anda saat proyek telah dilaksanakan. Alih-alih mendapatkan sebuah rumah idaman yang sesuai dengan bayangan anda, namun anda harus kecewa saat melihat hasilnya yang ternyata tidak sesuai harapan. Tentunya hal ini akan sangat mengesalkan bukan? Kasus ini seringkali terjadi dan menimpa owner yang kurang peduli dan tidak bisa berperan aktif dalam proses pengawasan.

Untuk bisa mengurasi resiko tersebut, maka anda harus bisa melakukan pengawasan proyek pembangunan rumah anda secara cermat. Anda harus bisa jeli dalam melihat adanya sebuah kesalahan, saat kontraktor melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan perjanjian awal kedua belah pihak. Peran serta anda secara aktif akan sangat dibutuhkan dalam proses pengawasan untuk bisa menghindari adanya potensi kerugian ini. Tentunya anda tidak ingin di kemudian hari mendapatkan hasil yang mengecewakan, sementara kontraktor bersikeras telah melaksanakan tugasnya sesuai dengan perjanjian yang ada. Maka dari itu, sebelum terlambat anda haruslah bisa mencegah adanya sesuatu hal yang tidak tepat atau melenceng dari apa yang anda rencanakan.

Resiko Kontraktor Menaikkan Nilai Konstruksi

Seringkali ada saja kontraktor yang menaikkan nilai konstruksi yang jauh lebih tinggi dari perjanjian kedua belah pihak saat proyek sudah berjalan. Jika sudah begini, maka anda lah pihak yang akan dirugikan. Sekali lagi, adanya pengenalan anda terhadap berbagai tahapan dalam proyek pembangunan dan juga peran serta pengawasan anda sangatlah dibutuhkan untuk bisa mengurangi resiko tersebut. Karena terkadang kontraktor berani melakukan hal tersebut jika melihat sikap dari owner yang kurang tanggap dan juga terkesan acuh terhadap proyek pembangunan yang tengah berjalan. Yang jelas hal ini akan dapat dihindari jika anda bisa mengecek dan juga mengevaluasi akan jalannya proyek pengerjaan rumah anda, sehingga anda bisa mencegah adanya berbagai hal yang tidak sesuai dengan perhitungan anda.

Nah jadi itu tadi ulasan mengenai berbagai resiko saat membangun rumah yang bisa saja menimpa anda jika anda kurang berhati-hati. Pastinya anda akan bisa terhindar dari semua resiko buruk tersebut jika saja anda mempercayakan proyek rumah idaman anda kepada kontraktor yang memang berkualitas, terpercaya, dan juga telah memiliki pengalaman yang banyak.
Semoga ulasan diatas bisa memberikan tambahan pengetahuan serta pembelajaran untuk anda dalam mengurangi resiko yang ada saat membangun rumah. Semoga bermanfaat, dan sampai jumpa pada artikel berikutnya!

Please follow and like us:
Follow by Email
RSS
Facebook
Twitter
YouTube
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *