Penerapan Fengshui Pada Kamar Tidur Untuk Kualitas Istirahat Tinggi

Ruangan manakah pada rumah hunian yang seringkali mendapatkan perhatian ekstra dalam penataannya? Sebagian besar orang tentunya akan menjawab ruang tidur. Tidak salah memang, karena ruang tidur memiliki peranan yang cukup besar bagi para penghuni yang berada pada rumah. Dikarenakan ruang tidur berfungsi sebagai area penting untuk relaksasi dan juga mengumpulkan tenaga, agar siap beraktifitas dengan segar pada setiap harinya. Oleh karena itu penataan pada ruang tidur jelas harus sangat diperhatikan pada berbagai aspeknya, untuk bisa memenuhi standar kualitas istirahat yang baik dan prima, baik dari keindahan interiornya maupun juga sisi fungsionalitas kamar tidur itu sendiri.

Nah, kali ini kita akan coba membahas bagaimana penataan kamar tidur sesuai fengshui, agar nantinya selain menghasilkan kamar tidur yang cantik, juga mampu memberikan manfaat berupa kualitas istirahat yang tinggi pada siapapun yang menempatinya. Lalu apa sih itu fengshui? Dan bagaimana penerapannya dalam kamar tidur? Agar tidak penasaran, yuk mari langsung saja kita ulas bersama melalui pembahasan di bawah ini.

Apa Itu Fengshui?

Yang pertama tentunya kita bahas sedikit mengenai fengshui itu sendiri. Apa sih yang disebut dengan fengshui? Fengshui sendiri adalah ilmu topografi kuno dari Tiongkok yang mengatur bagaimana manusia serta bumi dapat hidup dalam harmoni untuk membantu memperbaiki kehidupan. Jadi bisa dikatakan fengshui sebagai ilmu yang mengatur keharmonisan antara manusia dan lingkungan, agar tercipta keselarasan dimana akan mendatangkan manfaat bagi semua pihak.
Dan pada kaitannya dengan seni desain interior, aturan fengshui juga seringkali dipakai dengan tujuan untuk mendapatkan hasil desain yang tidak hanya cantik secara visual, namun juga mampu memberikan sisi kenyamanan yang maksimal. Karena dengan mengikuti keilmuan fengshui yang ada, maka aliran energi yang ada pada ruangan akan mengalir secara positif dan seimbang, dimana hal ini tentunya akan mempengaruhi kualitas kehidupan untuk para penghuninya.

– Lalu Bagaimana Penerapan Fengshui Pada Kamar Tidur?

Setelah sedikit mengulik mengenai fengshui, maka kita langsung menuju ke dalam penerapannya ke dalam kamar tidur. Seringkali orang berlaku asal dalam menata kamar tidur mereka. Dalam artian, mereka hanya mengedepankan sisi kecantikan visual menurut selera mereka pribadi, yang mana jika dilihat melalui keilmuan fengshui penataan kamar tidur tersebut justru memberikan efek negatif pada penghuninya. Hal inilah yang menjadi penyebab adanya berbagai kasus, dimana orang justru merasa lelah dan tidak nyaman saat berada pada kamar tidurnya. Ada juga yang setelah bangun tidur bukannya menjadi rileks dan fresh, malah yang dirasakan justru perubahan mood yang tidak karuan dan cenderung emosian. Hal ini tentunya akan sengat mengganggu dalam aspek psikologis keseharian penghuninya, yang mana akan berdampak besar pada kualitas kehidupan secara garis besarnya.
Oleh karena itu, mari kita kupas lebih lanjut mengenai aturan fengshui pada kamar tidur agar nantinya bisa memberikan kualitas istirahat yang lebih tinggi. Karena dengan adanya kualitas istirahat yang tinggi dan terjaga, maka aktifitas harian yang ada akan jauh lebih terasa menyenangkan karena kita mengawali hari dengan fresh dan mood yang terjaga dengan baik.

Pemilihan Lokasi

Yang pertama, anda harus memperhatikan dengan seksama dalam memilih lokasi yang akan menjadi kamar tidur anda. Pemilihan lokasi akan memiliki pengaruh yang cukup besar nantinya dalam kualitas istirahat anda. Dalam fengshui sangat tidak dianjurkan untuk menempatkan kamar tidur dekat dengan ruangan atau area yang nantinya berpotensi menimbulkan distraksi atau gangguan, baik itu suara, udara, dan lain sebagainya. Misal jika kamar tidur anda sangat dekat dengan dapur, maka asap yang ada dari dapur akan mengganggu kualitas udara yang ada pada kamar tidur anda bukan? Begitu juga dengan temperatur yang ada, dimana suhu pada kamar anda akan menjadi lebih cepat panas jika terlalu dekat dengan area dapur.

Pilihlah lokasi kamar tidur yang jauh dari potensi kebisingan maupun potensi gangguan lainnya. Pilihlah lokasi yang sekiranya memberikan ketenangan, misal pada area belakang rumah, yang agak jauh dari garasi dan ruang keluarga.

Pemilihan Warna

Kemudian yang berikutnya dari pemilihan tema warna yang ada. Hindarilah warna-warna terang, yang nantinya justru sulit untuk membuat anda rileks. Sebaiknya gunakan warna alam atau warna netral. Salah satu pilihan yang tepat adalah seperti warna krem, beige, atau peach. Atau anda bisa menggunakan warna lainnya sesuai selera anda, asalkan tetap mampu memberikan nuansa ketenangan yang menentramkan.

Untuk aksen, semisal wallpaper atau gordyn, cobalah untuk tidak memberikan kesan yang ramai. Selalu usahakan untuk tampil lembut, dimana hal ini akan berpengaruh pada kualitas istirahat anda nantinya. Jika anda tetap ingin memberikan nuansa warna terang pada kamar tidur anda, maka berikanlah kesimbangan dengan sedikit meredupkan pencahayaan yang ada.

Sirkulasi Udara Dan Pencahayaan

Lalu hal berikutnya datang dari kualitas udara yang ada pada kamar tidur anda. Berikanlah bukaan yang lebar pada kamar tidur anda. Dengan bukaan yang lebar dan luas, maka sirkulasi udara yang ada akan semakin lancar. Menurut fengshui, udara merupakan salah satu unsur yang harus dijaga keberadaanya pada kamar tidur. Kekurangan sirkulasi udara akan sangat berpengaruh nantinya terhadap mood dan perasaan anda.

Seringlah untuk membuka jendela, atau bisa juga gunakan alat penjernih udara yang mampu memberikan nuansa segar pada kamar tidur anda. Karena dengan kualitas udara yang baik, dipastikan akan memberikan pengaruh yang maksimal terhadap kualitas tidur anda nantinya. Kemudian adanya bukaan yang lebar nanti jelas akan berpengaruh terhadap pencahayaan pada kamar tidur anda. Menurut fengshui, pencahayaan yang redup akan berdampak negatif terhadap kehidupan. Karena itu cobalah untuk selalu memberikan bukaan yang lebar pada kamar tidur ada.

Pemilihan Furnitur Dan Penataannya

Sebaiknya, buang jauh keinginan untuk meletakkan tv dan alat lainnya yang justru bisa merusak ketenangan. Tv, komputer, dan lain sebagainya justru akan memberikan energi yang negatif menurut fengshui. Usahakan kamar tidur anda untuk tetap terjaga dari benda-benda yang menggangu konsentrasi anda nantinya.

Untuk tempat tidur atau kasur, cermati ketinggian yang tepat untuk anda. Jangan terlalu tinggi dan jangan juga terlalu rendah. Pilihlah kasur yang empuk, nyaman, dan juga memiliki headboard. Dalam fengshui, headboard akan membantu menghadirkan aspek perlindungan dan juga dukungan terhadap anda. Pilih juga headboard yang memiliki permukaan lembut dan juga warna yang menentramkan. Kemudian hindari juga adanya kekacauan pada bawah tempat tidur anda, dimana hanya akan memberikan energi yang buruk terhadap kualitas tidur. Jika memang memungkinkan, sebaiknya hindari kasur dengan laci built in dibawahnya. Memang akan menghemat ruang, akan tetapi benda-benda dibawah kasur bisa mendatangkan energi yang negatif jika tidak benar dalam penataannya.
Untuk posisi kasur, selalu letakkan bagian headboard menempel pada dinding, yang mana akan memberikan sisi psikologi berupa perlindungan. Usahakan untuk meletakkan kasur agak ke tengah ruangan, dimana tidak ada sisi yang langsung menempel ke dinding kamar. Dalam fengshui hal ini bisa menghambat energi pada pasangan yang tidur pada sisi menempel dengan dinding. Hindari untuk meletakkan kasur tepat dibawah jendela yang mana akan menimbulkan perasaan buruk seperti sedang terancam, atau langsung mengarah ke pintu yang identik dengan posisi kematian. Menurut aturan fengshui, pintu merupakan penyalur jalan masuknya energi dari luar. Maka apabila kasur dan pintu langsung berhadap-hadapan, energi dari luar berpotensi untuk merusak kualitas istirahat anda.
Kemudian kita beralih ke benda-benda lainnya yang ada pada kamar tidur. Hindarilah untuk menempatkan lampu gantung tepat diatas kasur anda, dimana akan menghdirkan kesan tidak aman. Kemudian hindari juga adanya cermin yang langsung mengarah ke kasur anda, karena secara energi hal ini akan menggangu kesimbangan yang telah ada. Lalu untuk unsur dekoratif seperti lukisan, gunakanlah lukisan yang mampu memberikan unsur ketenangan.
Hindari lukisan yang terlalu ramai, intimidatif, dimana akan mengganggu stabilitas aliran positif yang telah ada.

Kemudian yang terakhir, usahakan untuk menaruh item secara berpasangan, meskipun anda saat ini masih sendiri. Semisal dua bantal, dua sofa, atau dua lampu tidur yang sama dan serupa. Karena dalam kelimuan fengshui, hal berpasangan seperti ini akan mendorong cinta dan adanya keseimbangan harmoni yang ada pada kamar tidur anda.
Demikianlah ulasan singkat yang bisa kami berikan mengenai penerapan fengshui pada kamar tidur untuk mendapatkan kualitas istirahat yang tinggi. Semoga ulasan tersebut bisa memberikan tambahan pengetahuan dan juga inspirasi bagi anda dalam memaksimalkan kualitas istirahat yang ada menjadi lebih tinggi dan juga menenangkan.

Please follow and like us:
Follow by Email
RSS
Facebook
Twitter
YouTube
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *