Tips Membangun Rumah Dengan Dana Terbatas

memiliki rumah sendiri tentunya adalah dambaan bagi semua orang. Terlebih bagi mereka yang mulai berencana untuk membangun sebuah keluarga baru, tentunya keberadaan rumah merupakan sebuah hal wajib yang harus dipikirkan dan tentunya dipenuhi. Dari mulai membeli rumah jadi, ataupun membangun rumah dari nol, merupakan cara yang bisa dipilih untuk memenuhi impian anda.

membeli rumah jadi misalnya, anda tidak perlu lagi memikirkan berbagai macam perencanaan, perhitungan, pelaksanaan, dan lain sebagainya. Anda bisa langsung mewujudkan keinginan anda dengan cara membeli rumah jadi. Namun tentunya cukup sulit untuk mendapatkan rumah jadi yang mutlak 100% sesuai dengan kriteria, selera, dan kebutuhan anda.

anda yang ingin mewujudkan sebuah rumah hunian yang sesuai dengan impian, kemauan, dan juga kebutuhan anda, maka pilihan membangun sendiri rumah anda adalah satu-satunya langkah yang paling tepat. Tapi salah satu hal yang sering menjadi momok dan membuat ragu tentunya adalah mengenai biaya atau dana yang harus dikeluarkan. Rasanya sudah tercipta sebuah sebuah pemahaman, bahwa membangun rumah sendiri akan mengeluarkan dana yang sangat besar. Kabar gembiranya, pemahaman itu tidaklah sepenuhnya benar. Meskipun dengan dana yang terbatas, anda tetap bisa untuk mewujudkan rumah idaman anda selama ini. Oleh karena itu, kali ini kita akan coba membahas mengenai tips membangun rumah dengan dana terbatas.

apa sajakah tips dalam membangun rumah dengan dana terbatas? Bagaimana sih caranya agar kita bisa melakukan penghematan dalam membangun rumah? Agar anda tidak penasaran, langsung saja kita mulai pembahasannya melalui ulasan dibawah ini.

  • Lahan Kecil, Sebuah Pilihan Bijak

Yang pertama tentunya adalah dari pemilihan lahan. Dengan dana yang terbatas, maka pemilihan lahan kecil yang tidak terlalu luas adalah sebuah pilihan yang bijak. Segera buang jauh pemikiran anda bahwa lahan yang kecil hanya akan menghadirkan sebuah rumah yang sempit, sesak, dan tidak nyaman. Rumah kecil yang tidak nyaman hanyalah sebuah pemikiran yang kuno dan usang. Dengan perkembangan seni desain interior dan eksterior pada masa sekarang ini, rumah kecil tetap mampu memberikan kenyamanan dan juga kebahagiaan yang maksimal jika diperhitungkan secara cermat dan detail.

dengan lahan yang tidak terlalu luas, maka biaya yang anda gunakan untuk membeli lahan menjadi tidak terlalu besar, dimana penghematan pada sektor ini bisa anda alokasikan untuk membangun bangunan rumah anda secara maksimal nantinya.

  • Tentukan Konsep Rumah Impian Anda

dana yang terbatas, maka konsep minimalis adalah salah satu pilihan yang tepat untuk anda terapkan. Dengan filosofi minimalis itu sendiri, dimana mengusung adanya kesederhanaan dalam bentuk, namun sanggup memaksimalkan fungsi, manfaat, serta kenyamanan yang ada. Maka dari itu, konsep minimalis sangatlah cocok untuk anda yang ingin melakukan penghematan anggaran dalam membangun rumah impian.

anda tidak perlu terjebak dalam konsep minimalis yang ada. Anda tetap bisa berkreasi sesuai dengan keinginan dan juga selera anda pribadi, dengan menambahkan gaya yang anda idamkan ke dalam konsep minimalis yang sudah anda. Tentu anda bisa menambahkannya sesuai dengan porsi yang pas dan tidak berlebihan, dimana disesuaikan juga dengan anggaran anda nantinya. Semisal jika anda menginginkan rumah dengan gaya modern, maka anda bisa menambahkan beberapa aspek modern sebagai pelengkap gaya minimalis yang sudah ada.

, bentuk bangunan yang terlalu rumit pastinya akan berpengaruh terhadap tingkat kesulitan, bahan bangunan yang diperlukan, dan akhirnya akan membutuhkan dana yang semakin banyak pula. Rumah dengan bentuk yang sederhana seperti kotak atau persegi panjang pastinya akan lebih menghemat biaya dibandingkan dengan bentuk ataupun sudut yang lainnya. Umumnya untuk membentuk beberapa sudut atau lengkungan akan menyisakan banyak material bangunan tak terpakai. Selain itu, tingkat kesulitan pada bangunan bersudut atau lengkung tertentu juga lebih tinggi sehingga berisiko pada bentuk bangunan yang kurang sempurna. Perlunya perombakan tentu saja membutuhkan lebih banyak waktu dan juga biaya nantinya.

yang berikutnya, masih dalam aspek konsep rumah, anda perlu memikirkan akan jadi seperti apa nantinya ruangan-ruangan yang ada. Hendaknya anda mempertimbangkan konsep open plan, dimana anda akan menggabungkan dua sampai tiga fungsi ruangan ke dalam satu ruangan saja. Misalnya, anda bisa menggabungkan fungsi ruang keluarga, ruang makan, dan juga dapur ke dalam sebuah ruangan yang lapang. Hal ini tentu erat kaitannya dengan luas lahan kecil seperti yang sudah kita bahas diatas, dan juga berhubungan dengan konsep minimalis yang ada. Dengan konsep open plan seperti ini, maka anda akan mendapatkan sebuah ruangan multifungsi yang lega, dibandingkan anda memberikan satu ruangan per satu fungsi yang mana ukurannya akan menjadi sangat sempit dan tidak nyaman.

  • Riset Dan Survey Material

hal berikutnya yakni mengenai bahan material yang akan digunakan untuk membangun rumah hunian anda. Anda bisa saja melakukan penghematan ekstrim dengan cara memilih material yang serba murah. Tapi apa yang anda rasakan di kemudian hari tidak akan sebanding nilainya dengan penghematan yang sudah anda lakukan. Penggunaan material yang serba murah jelas hanya akan mendatangkan banyak resiko dan permasalahan, baik cepat ataupun lambat.

bagaimana caranya untuk berhemat? Ingat, untuk mendapatkan hasil yang maksimal tidak selalu harus membayar mahal. Ada juga banyak bahan material yang murah, namun tidak murahan. Oleh karena itu anda harus meluangkan waktu dan tenaga untuk melakukan riset, dan juga survey keluar masuk toko material guna mendapatkan pilihan yang tepat.
Jangan cepat tergiur dengan harga yang murah. Pastikan anda mendapatkan material dengan harga yang bersahabat, tapi juga memiliki kualitas yang tidak murahan. Dan jangan lupakan juga untuk memilih material yang low maintenance. Karena percuma jika mendapat barang berkualitas dengan harga murah tapi nantinya akan membutuhkan biaya perawatan yang mahal. Jika anda merasa kurang kompeten dalam hal ini, maka sudah saatnya anda melibatkan pihak yang sudah terpercaya dan pastinya profesional dalam menangani problematika anda ini.

Percayakan Kepada Para Profesional

Hal inilah yang sepertinya masih kurang diperhatikan oleh orang-orang yang ingin membangun rumah dengan dana yang terbatas. Dengan persepsi dana yang mepet, seolah menjadikan mereka harus melakukan dan memikirkannya sendirian. Padahal ini bisa berpotensi mengakibatkan adanya pembengkakan biaya yang cukup besar di kemudian hari, semisal adanya kesalahan penghitungan, kesalahan pemilihan material, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu meskipun anda memiliki dana yang cukup terbatas, maka dengan mempercayakannya kepada profesional yang sudah ahli di bidangnya bisa jadi merupakan salah satu pilihan yang bijak untuk menghemat dana di kemudian hari. Dengan adanya bantuan dari para ahli, maka anda menjadi lebih berhemat secara waktu dan juga tenaga. Pilihlah jasa terpercaya dengan biaya yang terjangkau, terutama yang bisa menyesuaikan dengan budget yang anda miliki. Dengan bantuan para profesional di bidangnya, maka kami yakin dana terbatas bukanlah halangan bagi anda untuk mewujudkan rumah impian di masa depan.

Demikian ulasan singkat yang bisa kami berikan mengenai tips membangun rumah dengan dana terbatas. Semoga ulasan yang kami berikan bisa menjadi bahan masukan, tambahan pengetahuan, dan juga inspirasi bagi anda dalam mewujudkan rumah idaman anda di masa yang akan mendatang.

Please follow and like us:
Follow by Email
RSS
Google+
https://kontraktor-karyamandiri.com/tips-membangun-rumah-dengan-dana-terbatas/
Facebook
Twitter
YouTube
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *