Tips Merawat Lantai Rumah Sesuai Material Yang Digunakan

Berbicara mengenai sebuah rumah hunian yang sehat dan menyenangkan tentunya ada banyak aspek yang meliputinya. Mulai dari seni keindahan eksterior dan juga interiornya, seni tata letak ruangan maupun furnitur yang ada, sampai dengan sisi kebersihan rumah yang harus selalu terjaga. Tentunya rumah yang sudah bagus dalam sisi keindahannya, akan kurang sempurna jika tidak memperhatikan sisi kebersihan dari rumah tersebut. Nah kali ini kita akan coba membahas tema yang berkaitan dengan sisi kebersihan dalam sebuah rumah hunian. Sisi kebersihan yang dimaksud tentunya tidaklah sekedar bagaimana menjaga rumah dari adanya debu dan kotoran, melainkan juga dari aspek perawatannya.

Akan tetapi, pastinya bahasan yang ada akan sangat meluas cakupannya jika kita membicarakan mengenai seluruh area ruangan yang ada. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kita coba lebih spesifik pembahasannya yaitu pada area lantai. Kenapa sih harus lantai? Lantai kita pilih karena memiliki peranan yang cukup krusial dalam membangun sebuah kenyamanan secara keseluruhan pada sebuah rumah hunian. Semua ruangan yang ada pastinya memiliki lantai sebagai area berpijak dan juga area untuk meletakkan berbagai furnitur anda, kemudian juga pastinya akan menjadi akses antar ruangan yang ada.

Lantas seperti apa sih cara merawat lantai yang benar? Tunggu dulu, tentunya tidak semua lantai memiliki cara perawatan yang sama. Dalam setiap rumah dan bahkan setiap ruangan yang ada, tentunya akan ada bermacam lantai dengan jenis material yang berbeda. Karena jenis materialnya berbeda, maka tentu cara perawatannya tidaklah sama.

Untuk lebih jelasnya, yuk mari langsung kita simak bersama pembahasan di bawah ini mengenai tips merawat lantai rumah sesuai dengan material yang digunakan.

Lantai Tegel

Lantai tegel ini umumnya memang digunakan pada rumah-rumah jaman dulu sebelum tahun 2000-an. Namun pada masa sekarang ini tetap banyak yang menggunakan lantai dengan material tegel, untuk mendapatkan kesan klasik pada rumah hunian mereka. Terlebih memang lantai tegel bisa memberikan kesan tersendiri yang tidak bisa didapatkan pada material keramik. Untuk cara perawatannya, lantai tegel ini tidak terlalu sulit kok. Yuk kita lihat bagaimana cara perawatannya:

• Untuk sehari-harinya, lantai tegel ini cukup disapu menggunakan sapu biasa. Sapukan secara halus seperti menyapu di atas keramik biasa.
• Ketika hendak mengepel lantai tegel ini, jangan menggunakan sabun terlalu banyak agar tidak merusak permukaan lantai tegel.
• Saat permukaan lantai tegel sudah tidak halus lagi, gunakanlah serabut kelapa untuk menggosok permukaan lantai hingga merata agar lantai terlihat halus kembali.
• Untuk pemeliharaan, anda bisa gunakan solar yang dilap ke lantai secara merata. Pastikan setelah itu menggunakan lap kering agar permukaan lantai tidak licin.
• Perawatan lantai tegel sebaiknya dilakukan setidaknya 1-2 kali dalam sebulan agar lantai tegel tetap halus dan mengkilap.
• Segera lap dan bersihkan dengan sabun apabila lantai tegel terkena zat asam seperti cuka.

Lantai Keramik

Kemudian yang selanjutnya adalah lantai keramik. Material keramik ini tentunya cukup umum digunakan pada lantai untuk masa sekarang ini. Hal ini tentunya karena memang perawatannya yang terbilang cukup mudah.

• Saat lantai keramik dirasa kotor, sapu saja dengan biasa untuk menghindari adanya goresan pada permukaan keramik.
• Saat akan mengepel, gunakan pel yang bersih dan mempunyai daya serap yang tinggi. Anda bisa menggunakan obat pel lantai, namun jangan terlalu banyak karena akan meninggalkan sisa detergen yang bersifat lengket dimana bisa mempercepat kotornya keramik anda.
• Hindari dari penggunaan pembersih lantai yang mengandung Asam atau Acid yang tinggi. Jika dirasa memang perlu, maka campurlah dengan air.
• Pakailah alat pembersih yang lembut, jangan menggunakan alat pembersih yang bersifat abrasive.
• Lantai keramik yang terdapat pada luar ruangan tentunya akan cepat kotor, maka dari itu anda harus cukup rutin untuk membersihkannya. Jika sampai berkerak, maka gunakanlah pembersih dengan kandungan acid yang rendah. Setelah disikat, jangan lupa untuk membilas sampai bersih dan setelah itu keringkan.

Lantai Teraso

Yang berikutnya yaitu lantai teraso. Lantai ini pada dasarnya merupakan lantai buatan yang terbuat dari campuran semen dan pasir. Lalu lapisan glatsir yang diletakkan di bagian atas lantai ini membuat permukaannya tampak mengkilap. Untuk perawatannya adalah sebagai berikut:

• Saat terkena tumpahan makanan atau minuman berwarna seperti kopi maupun teh, segera langsung di lap agar tidak meresap kedalam lantai teraso tersebut.
• Anda perlu menggunakan alas untuk gelas yang berisi minuman panas agar tidak membekas pada permukaan teraso.
• Saat anda mengepel lantai teraso pastikan agar tidak terlalu basah. Hal ini bertujuan agar lapisan kristal tidak cepat habis.
• Sebaiknya hindari penggunaan cairan pembersih dan pewangi secara terus menerus setiap harinya. Karena sifat dari pewangi yang lengket justru akan mengakibatkan lantai cepat kotor.
• Untuk penggunaan pewangi, maka anda bisa memberikannya cukup seminggu sekali saja.

Lantai Batu Alam

Tentunya kita sering menjumpai adanya penggunaan batu alam untuk lantai pada sebuah rumah hunian. Karena memang hasil yang ditampilkan sangat indah, dimana akan menghadirkan kesan yang natural, terasa mewah dan juga elegan, maka batu alam cukup
menjadi favorit untuk digunakan pada beberapa area rumah. Nah untuk perawatannya adalah sebagai berikut ini:

• Yang pertama tentunya tempatkan keset di pintu masuk menuju lantai anda untuk menangkap kotoran, debu, dan kerikil kecil yang tersangkut di sol sepatu sebelum merusak lantai anda.
• Berikan alas di bawah benda-benda keras yang anda letakkan di lantai semisal pot tanaman, sehingga tidak terjadi kontak langsung antara lantai dan benda tersebut.
• Pastikan lantai anda bebas dari genangan air. Jika terjadi tumpahan, segeralah untuk mengeringkannya dengan kain pel.
• Untuk membersihkan lantai dengan material batu alam, gunakanlah material lembut seperti spons, kain lembut atau sikat yang sangat lembut. Lakukan pembersihan dengan cara memutar untuk menghindari adanya permukaan batu alam yang tergores.
• Cairan yang baik untuk membersihkan batu alam adalah dengan menggunakan air yang dicampur dengan sabun ber PH netral.
• Berikan coating ekstra untuk memberikan perlindungan tambahan pada lantai rumah anda. Bila sekiranya perlu, maka lakukan coating ulang secara berkala.

Lantai Kayu

Saat anda memilih material kayu untuk lantai anda, tentunya dengan pertimbangan untuk mendapatkan kesan ruangan yang lebih hangat dan menentramkan. Akan tetapi dengan memilih lantai kayu maka anda akan dihadapkan dengan adanya sisi perawatan yang bisa dibilang cukup membutuhkan effort yang lebih dibandingkan lantai keramik.

• Untuk perawatan hariannya anda dapat menggunakan vacum cleaner dengan nozzle bulu lembut, sapu nylon lembut atau memakai loby duster.
• Gunakan kain lobby duster yang bersih dan kering, jangan ditambahkan obat atau minyak lantai ke kain lobby duster.
• Jika terkena noda makanan atau minuman, maka gunakan lap basah dan langsung keringkan dengan menggunakan lap kering.
• Usahakan area lantai kayu anda bebas dari sepatu atau alas kaki yang memiliki permukaan kasar.
• Gunakan korden atau tirai untuk melindungi lantai anda dari sinar matahari langsung yang dapat menyebabkan adanya pecah-pecah dan juga perubahan warna.
• Untuk lantai kayu yang terdapat banyak goresan dan sudah kusam maka anda dapat melakukan scrubbing dan juga coating ulang.

Lantai Karpet

Kemudian yang terakhir khusus untuk anda yang suka memberikan alas karpet pada lantai rumah anda. Lantai rumah dengan alas karpet tentunya akan sangat rentan terhadap bakteri dan jamur. Oleh karena itu selalu pastikan karpet dalam keadaan kering. Kemudian bersihkan menggunakan vacuum cleaner secara rutin. Bila perlu, lakukan pembersihan terhadap tungau dengan alat vacuum khusus secara berkala. Dan untuk menjaga kebersihannya maka pastikan area lantai karpet anda selalu bebas dari alas kaki.

Demikian ulasan singkat yang bisa kami berikan mengenai tips merawat lantai rumah sesuai dengan material yang digunakan. Semoga ulasan ini bisa berguna dan menjadi tambahan pengetahuan bagi anda untuk menjaga dan juga merawat lantai anda agar selalu tetap bersih, sehat, dan tentunya menjadi nyaman.

Please follow and like us:
Follow by Email
RSS
Facebook
Twitter
YouTube
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *